Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Aplikasi WhatsApp kini menjadi bagian penting dari pelayanan pelanggan khususnya di Indonesia sebagai pengguna terbesar ketiga di dunia aplikasi yang di miliki oleh Meta ini.

Kemudahan penggunaan menjadi salah satu faktor kenapa WhatsApp digemari oleh orang Indonesia.

Namun memberi layanan terbaik kepada pelanggan tidak cukup hanya mengandalkan fitur-fitur basic yang dimiliki oleh aplikasi ini apalagi jika sebuah bisnis sudah memiliki pelanggan yang banyak.

Co-Founder dan Chief Developtment (CBD) Botika Galuh Konco Sadewo mengatakan, solusi untuk bisnis yang ingin memberi customer experience yang mulus dan berkesan dalam skala yang masif adalah penggunaan WhatsApp Business API.

“WhatsApp Business API di desain untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pelanggan bisnis dalam skala menengah dan besar,” kata Galuh dalam keterangan tertulis, Senin (25/7/2022).

Untuk dapat memperoleh API WhatsApp pihak Meta selaku pemilik dari WhatsApp telah berpartner dengan Businees Solution Provider (BSP).

Botika merupakan salah satu WhatsApp Businees Solution Provider (BSP) resmi Meta di Indonesia dan  menangani banyak bisnis yang ingin meningkatkan skala dan kualitas pelayanan yang dimiliki.

Baca juga: Bagaimana Cara Masuk ke WhatsApp di WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop?

Galuh menambahkan, penggunaan WhatsApp API memberikan banyak manfaat yang tidak didapatkan pada akun WhatsApp biasa, diantaranya Integrasi Chatbot AI (Artificial Intelligence) yang berfungsi sebagai virtual assistant yang memungkinkan bisnis memberikan pelayanan selama 24 jam nonstop.

Kemudian Push Notifikasi / Business Initiate yang dapat mengirimkan pesan ke banyak nomor pelanggan secara bersamaan.

Baca juga: Susul Facebook dan Instagram, WhatsApp Sudah Daftar PSE Kominfo

Kemudian Multi Device dan Multi Agent yang dapat digunakan di beberapa device oleh beberapa agent sehingga pelanggan bisa di layani secepat mungkin.

Lalu Integrasi Omnichannel yang dapat diintegrasikan dengan Omnichannel software sehingga perilaku atau kebiasaan pelanggan dapat diamati dan dibandingkan dengan semua channel komunikasi yang di gunakan oleh bisnis.

Mendapatkan Centang Hijau; sebuah validasi bahwa bisnis yang dimiliki adalah bisnis yang kredibel.

Baca juga: Alasan WhatsApp, Google, Instagram, dan Netflix Wajib Daftar PSE

Eri Kuncoro,  Chief Marketing Officer sekaligus co-founder Botika menambahkan chatbot AI yang terintegrasi di WhatsApp bisa menjadi marketing agent yang efektif untuk memasarkan produk maupun event bisnis.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.