TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Fraksi PKS DPR RI kembali menggelar lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Presiden Soekarno.

Kegiatan launching tersebut dilaksanakan di kediaman Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Al Jufri.

Acara yang diselenggarakan secara hybrid ini mengangkat tema “Proklamasi Keadilan Sekahtera : Saatnya Anak Muda Menjadi Proklamator”.

Salim bahwa mengatakan anak muda punya peran luar bisa, mulai dari kebangkitan nasional, sumpah pemuda hingga kemerdekaan digagas oleh pemuda, sehingga tanah air dapat keluar dari penjajahan.

“Maka itu, anak muda diharapkan mampu menjadi proklamator masa kini,” kata Salim dalam keterangannya, Jumat (22/7/2022).

Salim pun mengajak anak muda Indonesia bangkit mengejar ketertinggalan.

“Negara dengan keterbatasan sumber daya alam justru banyak yang sukses, seperti Korea Selatan,” kata dia

Dia yakin bahwa anak muda Indonesia juga mampu mewujudkan cita-cita bangsa, terlebih sumber daya alam dan manusia negeri ini sangat berlimpah.

Salim optimistis kepada anak muda, terutama untuk menempati posisi kepemimpinan. Dia mengingatkan bahwa seorang pemimpin harus mampu menyatukan anak bangsa dan memposisikan diri selayaknya ayah. Seorang ayah akan selalu sayang kepada anak-anaknya.

Menurut dia, anak muda adalah harapan Indonesia masa depan.

“Sebanyak 47 persen pemilih (dalam pemilu) adalah pemilih muda, berarti ada sekitar 75 juta pemilih muda. Banyaknya pemilih muda adalah hal baik bagi masa depan bangsa ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengatakan bahwa lomba ini dibuat dengan tujuan agar anak muda biasa menjadi cerminan tokoh proklamator.

“Dulu di saat proklamasi, Bung Karno dan Bung Hatta juga menghabiskan masa mudanya dengan sikap nasionalisme dengan dorongan tokoh senior agar bisa mencapai kemerdekaan. Sehingga dengan semangat perjuangan mereka, kita ingin semangat anak muda Indonesia yang punya kreativitas dan talenta  kiranya bisa bergabung  di dalam lomba ini,” kata dia.

Baca juga: Siapa Pengibar Bendera Upacara Proklamasi Kemerdekaan? Ini Tokoh Penting Pengibar Bendera Indonesia

Jazuli mengatakan bahwa dengan launching lomba baca teks proklamasi mirip suara Presiden Soekarno ini, bisa membangkitkan semangat dan minat muda terhadap jejak perjuangan pendiri bangsa.

Hadir juga dalam acara tersebut, Ketua DPP PKS Bidang Kepemudaan, dr. Gamal Albinsaid, kader PKS sekaligus komedian Narji yang juga bertindak sebagai moderator,  dan tamu kehormatan Timnas Sepakbola Amputasi Indonesia, PKS Muda, Gema Keadilan, dan Garuda Keadilan. 


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.