Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai generasi muda dapat berperan penting dalam menginisiasi kerja sama dengan semua pihak untuk membangun perekonomian yang inklusif dan membangun UMKM yang tangguh.

“Ini adalah tugas utama kita bersama dengan Y20 untuk menekankan pentingnya hak cipta sebagai cara kita untuk memastikan adanya akses pada pendanaan dan membangun program yang bisa mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif dan pariwisata,” ujar Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (21/7/2022).

Pendapat itu disampaikan Sandiaga saat rangkaian talk show KTT Y20 di Jakarta, diakhiri dengan pembahasan keberagaman dan inklusi.

Diskusi membahas berbagai topik berkaitan dengan inklusi anak muda. Mulai dari keterlibatan pemuda dalam pemerintahan hingga ekonomi yang inklusif.

Sandiaga mengapresiasi Y20 yang saat ini berupaya menyelesaikan dampak digitalisasi dan inovasi serta praktik bisnis yang berkelanjutan termasuk wirausaha sosial. Untuk itu, ia mengajak kepada generasi muda untuk bisa menciptakan lapangan tenaga kerja melalui adaptasi, kolaborasi, dan inovasi.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan, dalam pilar pemberdayaan anak muda dan perempuan, terdapat upaya untuk mengatasi kesenjangan upah berbasis gender dan mendorong agar peran perempuan lebih strategis.

Baca juga: Jadi Pembicara di Forum Y20, Bisnis Cokelat Tissa Aunila Melesat Omsetnya di E-Commerce

“Sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan generasi muda untuk punya keterampilan kerja. Bagi anak muda dan para delegasi, dukungan Anda untuk rekomendasi dari kelompok kerja kami akan sangat penting. Harap terus meningkatkan kesadaran tentang inklusivitas gender, serta dorong terbentuknya rencana aksi,” kata Angela.

Menteri Pemuda Uni Arab (UEA) Shamma Al Masrui menjelaskan bagaimana pemerintahnya telah meluncurkan sejumlah inisiatif agar pemuda dapat ikut terlibat dalam pengambilan keputusan.

Baca juga: Gubernur Anies Baswedan: Pemprov DKI Jakarta Dukung Penuh Kegiatan Y20

UEA memiliki Dewan Pemuda yang tidak hanya tersebar di tingkat provinsi, tetapi juga kementerian dan swasta. UEA juga memiliki kebijakan satu pemuda di semua dewan.

“Di UEA, kita percaya bahwa potensi pemuda tidak ada batasnya. Kepemimpinan negara kami percaya masing-masing insan pemuda punya potensi tumbuh yang tak terbatas dan bisa berkontribusi,” ungkap Shamma.

Baca juga: Anies Baswedan Minta Para Pemuda Seluruh Dunia Bahas Planet yang Layak Huni di Acara Y20

Educator dan Founder Sekolah.mu Najeela Shihab menggarisbawahi minimnya persentase perempuan di posisi-posisi kepemimpinan, termasuk di ekosistem pendidikan. Jumlah perempuan yang menjadi kepala sekolah masih tergolong rendah.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.