Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto
 
 
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Caroline, jaringan dealer mobil bekas online-to-offline anak usaha PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) tahun ini memacu ekspansi bisnis mobil bekasnya dengan membuka 5 titik layanan baru di bisnis dealer mobil bekas pada 5 kota besar Tanah Air.

Lima kota besar tersebut adalah Semarang, Palembang, Makasar, Bali dan WTC Mangga Dua Jakarta. Dengan pembukaan 5 cabang baru tersebut, Caroline memiliki total 21 customer touch points dan melampaui target perseroan untuk memiliki 20 cabang hingga akhir tahun 2022.

Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra mengatakan, untuk menggencarkan pengembangan merek dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan, perusahaannya turut berpartisipasi di pameran otomotif nasional Gaikindo Indonesia International
Motor Show (GIIAS) 2022 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City lewat kolaborasi dengan PT Honda Prospect Motor.

Melalui kerjasama tersebut, Caroline memberikan kemudahan kepada pengunjung GIIAS 2022 dalam menjual mobil bekasnya kepada Caroline ketika mereka membeli mobil Honda baru di pameran.

Dengan memanfaatkan momentum pemulihan penjualan mobil nasional yang tengah berlangsung, pihaknya mematok target transaksi 1.750-2.000 mobil hingga akhir tahun.

Merujuk data dari GabunganIndustri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesales secara kumulatif pada Januari-Juli 2022 mencapai 561.287 unit, meningkat 22 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya 460.105 unit.

Baca juga: Tujuh Tahun Beroperasi, Carsome Bukukan 260.000 Transaksi Mobil Bekas

Dengan demikian, penjualan mobil wholesales di tahun ini sudah mendekati angka penjualan sebelum masa pandemi, yaitu pada Januari-Juli 2019 sebesar 570.331 unit.

Dari data tersebut, Perseroan melihat pemulihan dalam permintaan mobil juga akan berimbas ke penjualan mobil bekas yang lebih sehat pada periode mendatang.

“Kita akan terus melanjutkan ekspansi, karena terlihat bahwa ekspansi yang dilakukan Perseroan pada kuartal pertama dan kedua telah membuahkan hasil, dimana pada kuartal kedua penjualan ASLC naik 29% QoQ, dibandingkan kuartal pertama,” ujar Jany Candra.

Baca juga: Perkuat Bisnis Mobil Bekas, MPMX Gabungkan Balai Lelang Carro Wholesale ke Auksi

“Kami optimis, ASLC akan terus membukukan kinerja yang semakin baik,” imbuhnya.

Pada kuartal kedua 2022, ASLC mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 29% QoQ menjadi sebesar Rp89,9 miliar.

Peningkatan penjualan tersebut berhasil diraih seiring dengan ekspansi usaha baru
perseroan, yaitu dengan membuka 16 titik layanan O2O (online-to-offline) customer touch points dengan merek Caroline pada semester pertama tahun ini. Per tanggal 29 Agustus ini, Caroline telah mengoperasikan 21 cabang yang tersebar di kota-kota utama di Indonesia.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.