Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berharap pelaksanaan pemilihan kepala daerah untuk 3 daerah otonomi baru (DOB) Papua bisa berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024.

“Kita mengharapkan supaya tahun 2024 berjalan bersama dengan provinsi-provinsi lainnya,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benny Irawan kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

Meski demikian Kemendagri tetap melihat dinamika perkembangan yang nantinya diputuskan pemerintah bersama DPR dan penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu.

Terpenting kata Kemendagri, masing-masing wilayah DOB dapat memulai melakukan persiapan penyelenggaraan Pemilu, seperti kehadiran infrastruktur penyelenggaraan pemilu.

“Tapi kita akan lihat perkembangannya. Yang saya maksud adalah kesiapan dari masing-masing daerah otonomi baru ini,” ungkap dia.

Baca juga: Kemendagri Siapkan Penjabat Kepala Daerah untuk 3 Wilayah DOB Papua

“Tadi kan saya menjalaskan bahwa ini perlu dibahas bersama-sama dengan KPU-Bawaslu, dan lain-lain karena terkait kesiapan di lapangan, instrumen di lapangan dan peralatan lain-lain dan sebagianya. Sehingga ini kita harapkan bisa dilakukan bersama-sama di tahun 2024,” lanjutnya.

Kemendagri pun menurut Benny Irawan sedang merancang dan menyiapkan Penjabat (Pj) kepala daerah untuk 3 wilayah daerah otonomi baru (DOB) Papua.

Ia berharap pelantikan Pj kepala daerah bisa berbarengan dengan peresmian 3 DOB Papua.

“Jadi nanti mudah-mudahan ini bisa bersamaan dengan peresmian daerah, dan kita lakukan pelantikan penjabat gubernur,” kata Benny.

Baca juga: Kemendagri: Pemda Dapat Menggeser Anggaran untuk Penanganan PMK pada Ternak

Benny sendiri menyatakan berdasarkan aturan dalam Undang-Undang, paling lambat 6 bulan untuk menyiapkan Pj kepala daerah sejak peraturan DOB diundangkan.

“Kalau di dalam UU itu paling lambat 6 bulan sejak UU itu diundangkan Penjabat itu akan kita siapkan untuk penjabat gubernurnya untuk 3 provinsi tadi, sekaligus juga dengan perangkat-perangkat daerahnya,” ungkap dia.

Baca juga: Dirjen Dukcalil Kemendagri Sebut Lembaga yang Perlu Akses Data Penduduk Dukcapil Terus Meningkat

Persiapan pengisi kepala daerah sementara di 3 DOB Papua ini adalah dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024.

Kemendagri nantinya akan berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu serta Komisi II DPR RI.

“Kita persiapkan karena untuk perisapan 2024, itu kita persiapkan 2024. Kemendagri juga akan berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu, dan juga Komisi II,” ujar Benny.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.