VIVA Travel – Taman Wisata Matahari atau TWM Park merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga terbesar dan terlengkap yang ada di kawasan Puncak, Bogor. Berlibur ke taman wisata adalah salah satu pilihan yang menyenangkan untuk menyegarkan pikiran sekaligus menjadi momen untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. 

Menyadur dari laman resminya, Taman Wisata Matahari ini didirikan sejak tahun 2007 silam, TWM Park juga mengusung konsep Recreation and Education Park serta dilengkapi dengan banyak wahana, mulai dari Wahana Air, Wahana Permainan, Wahana Petualangan dan Wisata Edukasi dan masih banyak yang lainnya. 

Taman Wisata Matahari ini memang bukan hanya tempat rekreasi semata. Namun, TWM PARK ini bisa difungsikan sebagai objek wisata edukasi dengan wawasan lingkungan yang cocok untuk anak dan bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan kepedulian terhadap lingkungan. 

Bila kamu berminat untuk mendatangi Taman Wisata Matahari ini dengan keluarga, berikut ulasan selengkapnya mengenai harga tiket, jam operasional, sampai wahana apa saja yang ada dalam Taman Wisata Matahari atau TWM Park Bogor. 

Harga Tiket dan Jam Buka

Taman Wisata Matahari, Cipayung, Bogor

Taman Wisata Matahari, Cipayung, Bogor

Harga tiket masuk Taman Wisata Matahari adalah Rp60.000 untuk wisatawan lokal, sementara untuk wisatawan asing dikenakan biaya Rp150.000. Harga ini sudah termasuk 5 Wahana, yaitu Taman Kelinci, Perahu Karet, Perahu Naga, Kereta Klasik dan Warawiri, kamu juga akan memperoleh es krim gratis, nasi goreng, dan air mineral. 

Harga tersebut berlaku setiap hari, baik di hari kerja maupun hari libur. Tapi, untuk pengunjung yang hanya ingin membeli tiket masuk saja, tanpa tiket terusan, mereka bisa membeli Tiket Masuk dengan harga Rp30.000 per orang. Harga ini berlaku untuk setiap hari dan tidak termasuk tiket wahana.

Sedangkan untuk membeli tiket masuk Taman Wisata Matahari, kamu dapat memesan secara online lewat WhatsApp bila membawa rombongan dalam jumlah yang banyak. Namun, bila hanya untuk pengunjung perorangan atau kelompok kecil, kamu bisa membeli tiket secara langsung di gerbang TWM Park Bogor. Sedangkan untuk jam buka, TWM Park buka mulai pukul 9 pagi sampai 4 sore. 

Lokasi Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Photo :

  • Tangkapan Layar: Instagram

Taman Wisata Matahari mudah diakses dari berbagai arah lantaran letaknya yang berada di tepi Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor. Kamu bisa menjangkau lokasi ini dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Bila kamu berkunjung pada weekend dari arah Jadetabek, usahakan berangkat sedini mungkin agar tidak macet. 

Namun, dari mana saja kamu berangkat, tempuhlah jalur lewat Ciawi melalui jalan Tol Jagorawi kemudian keluar dari gerbang tol Gadog. Bila kamu tiba di sana sebelum jam 06.00 pagi, biasanya kondisi lalu lintas masih cukup lengang. Setelah itu, arahkan kendaraan kamu menuju ke arah Jalan Raya Puncak sampai ke Taman Wisata Matahari. 

Dengan Memakai Kendaraan Umum

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Photo :

  • Tangkapan Layar: Instagram

Cara termudah untuk sampai ke Taman Matahari dengan kendaraan umum adalah dengan naik KRL commuter line. Begitu sampai di Stasiun Bogor, kamu bisa melanjutkan perjalanan sesuai aplikasi online. Kamu juga bisa naik angkot menuju terminal Baranangsiang yang biasanya mangkal di Jalan Kapten Muslihat yang berada di samping Taman Topi.

Kamu bisa turun di tepi jalan di seberang terminal dan tanpa memasuki terminal. Dari sana kamu bisa naik angkot ke Cisarua dan berhenti di gerbang utama Taman Wisata Matahari. Atau kamu bisa naik angkot ke Bubulak-Sukasari. Turun di Sukasari dan terus naik angkot menuju Ciawi – Cisarua, berhenti di gerbang Taman Wisata Matahari.

Fasilitas Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Photo :

  • Tangkapan Layar: Instagram

Sebagai objek wisata yang lengkap, Taman Wisata Matahari memiliki fasilitas yang relatif lengkap. Di taman rekreasi ini, kamu dapat menikmati fasilitas akomodasi, fasilitas makan, pekarangan, fasilitas umum dan fasilitas pendukung lainnya.

Fasilitas Akomodasi

Taman Wisata Matahari memiliki 3 jenis akomodasi yang terdiri atas villa, hotel dan akomodasi tipe barak. Akomodasi yang berbentuk Vila termasuk Vila Natural dan Vila Pulau Seribu. Model hotelnya adalah Matahari Hotel dan Bamboo House atau Rumah Bambu. Sedangkan model barak adalah Villa Ciliwung dan Rumah Menado.

Fasilitas Kuliner

Untuk urusan perut, Taman Wisata Matahari menawarkan restoran Sunda Express. Selain itu, ada juga kantin yang memiliki kafetaria yang menjual berbagai menu utama.

Lapangan

Taman Wisata Matahari juga memiliki beberapa tempat yang dapat digunakan untuk berbagai acara atau acara outbond, pesta, dan lain sebagainya.

Fasilitas Umum

Taman Wisata Matahari juga memiliki berbagai fasilitas umum seperti ATM, tempat parkir, toilet, tempat ibadah, dan lainnya.

Fasilitas Pendukung

Taman Wisata Matahari juga memiliki fasilitas pendukung seperti Aula, Saung, Gazebo, Taman bunga dan fasilitas pendukung lainnya. Wisatawan bisa menyewa fasilitas tersebut dengan harga terjangkau.

Wahana Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Photo :

  • Tangkapan Layar: Instagram

Selain fasilitas yang mumpuni, Taman Wisata Matahari juga memiliki beragam wahana yang membuat pengunjung betah. Jangan takut bosan, karena TWM Park memiliki sekitar 40 wahana untuk dimainkan.

  • Wahana Taman Wisata Matahari terdiri dari 4 kategori yaitu wahana wisata air, wahana permainan, wahana petualangan dan wisata edukasi.
  • Wisata air: proyek wisata air meliputi taman air, taman air, polo air, perahu dayung, perahu naga, perahu motor, perahu karet, terapi ikan, dan lain sebagainya.
  • Wahana: Saat bermain, anak-anak dapat menikmati wahana di Phantasialand, Dinosaur Park, Citraland dan Trampoline Park dengan harga terjangkau.
  • Adventure Rides: Di Adventure Rides, kamu dapat memainkan Flying Fox, Paintball, ATV Motor, Gocart, dan lainnya. Semuanya bisa dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau.
  • Kendaraan Edukasi : Diantara wahana wisata edukasi tersebut ada pertanian padi, sayuran pertanian, wisata pesawat,

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.