VIVA Edukasi – Dongeng sebelum tidur menjadi salah satu yang membantu anak untuk bisa cepat tidur dan menambah pengetahuan anak menjadi lebih luas. Biasanya kerap kali anak susah tidur sehingga dibacakan dongeng baik oleh ayah maupun ibunya sebelum tidur. Atau bahkan memang pembacaan dongeng pada anak menjadi inisiatif dari orang tua untuk anak. 

Sebenarnya ada banyak cara untuk menidurkan anak dan membuat mereka cepat tidur, termasuk dengan membacakan dongeng sebelum tidur yang bisa dibilang cukup efektif. Selain itu, ada banyak pilihan dongeng juga yang bisa dibacakan kepada anak sebelum mereka tidur. Apa saja dongeng tersebut? Sebelum mengetahui dongeng-dongeng, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa manfaat dongeng bagi anak. 

Manfaat Dongeng sebelum Tidur

Ada sejumlah manfaat dari dongeng yang dibacakan pada anak, berikut ini manfaatnya yang dilansir dari Imagination Soup:

1. Mengajarkan Anak Menangani Masalah

Ilustrasi orang tua dan anak l

Ilustrasi orang tua dan anak l

Anak dapat belajar dari karakter dalam cerita karena biasanya terhubung dengan kehidupan, impian, kecemasan kita sendiri sehingga anak dapat mempertimbangkan apa yang akan dilakukan jika berada di posisi mereka. Dongeng membantu anak-anak belajar bagaimana menavigasi kehidupan. 

2. Membangun Ketahanan Emosional

Ilustrasi anak menangis

Seperti yang diketahui bahwa dongeng menunjukkan masalah kehidupan nyata dalam skenario fantastis di mana paling sering pahlawan menang. Anak-anak perlu menemukan di lingkungan yang aman bahwa hal-hal buruk terjadi pada semua orang. Karena tidak ada seorang pun dalam hidup yang kebal dari tantangan, jadi kita perlu membangun kapasitas pada anak-anak kita. 

3. Dongeng Mengajarkan Cerita

Ilustrasi mendongeng untuk anak.

Ilustrasi mendongeng untuk anak.

Photo :

  • Pixabay/Publikdomainpictures

Dongeng dapat membuat anak memahami dasar-dasar cerita mulai dari latar, karakter dan plot (peningkatan aksi, klimaks dan resolusi) serta perbedaan antara fiksi dan non-fiksi. Begitu seorang anak memahami struktur cerita, itu mendukung kemampuannya untuk membuat prediksi dan memahami cerita lain yang dia baca.

4. Mengembangkan Imajinasi Anak

Ilustrasi anak menggunakan Make Up

Ilustrasi anak menggunakan Make Up

“Ketika saya memeriksa diri saya dan metode berpikir saya, saya sampai pada kesimpulan bahwa karunia fantasi lebih berarti bagi saya daripada bakat apa pun untuk berpikir positif dan abstrak.” – Albert Einstein

5. Mengajarkan Sebuah Pelajaran

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Kerap kali dongeng digunakan untuk mengajarkan moral dan pelajaran. Seperti apa yang dapat dipelajari dari cerita-cerita yang telah dibaca dan bagaimana cara menangani serta solusinya. 

Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

Berikut ini sejumlah dongeng sebelum tidur yang bisa menjadi referensi untuk dibacakan kepada anak:

1. Bebek Buruk Rupa

Dongeng Bebek Buruk Rupa

Dongeng Bebek Buruk Rupa

Photo :

  • YouTube Cerita Kartun Anak Anak Bahasa Indonesia

Dongeng sebelum tidur pertama yang direkomendasikan adalah Bebek Buruk Rupa. Dongeng ini sangat cocok untuk dibacakan kepada anak sebelum tidur. Isi dongeng ini secara garis besar mengisahkan seorang induk bebek yang tidak menyangka salah satu anaknya menetas dengan warna abu-abu yang berbeda dari saudara-saudaranya yang lain. Namun sebagai induk, ibu bebek tetap memperlakukan anak bebeknya yang berwarna abu-abu sama dengan yang lain dan tidak membedakannya. 

Tapi, perlakuan yang tidak mengenakkan justru malah datang dari hewan lain yang membuat itik abu-abu tidak percaya diri. Namun, itik berwarna abu-abu tersebut malah tumbuh menjadi angsa yang memesona. 

Pelajaran yang bisa dipetik

Dalam dongeng bebek buruk rupa tersebut bisa dipetik pelajaran bahwa anak harus memahami tentang empati atau rasa kasihan, bersikap baik, tidak menilai orang dari luarnya, bagaimana orang dapat berubah dalam kehidupannya dan tidak melakukan pilih kasih dalam hal merawat anak. 

2. Jack dan Pohon Kacang

Dongeng Jack dan Pohon Kacang

Dongeng Jack dan Pohon Kacang

Photo :

  • YouTube Cerita Kartun Anak Anak Bahasa Indonesia

Selanjutnya ada cerita Jack dan Pohon Kacang yang bisa menjadi pilihan dongeng sebelum tidur untuk anak. Dongeng ini berasal dari  Inggris yang telah banyak dibuat dalam berbagai versi, mulai dari animasi, film hingga buku cerita.

Dongeng Jack dan Pohon Kacang ini mengisahkan tentang seorang anak muda yang tentunya bernama Jack yang tinggal bersama ibunya. Kehidupan mereka cukup memprihatinkan sampai akhirnya Jack mendapatkan biji dari pohon kacang ajaib. 

Ternyata setelah biji tersebut ditanam, tumbuhlah pohon kacang ajaib yang menjulang tinggi hingga ke mencapai langit. Jack yang penasaran akhirnya memanjat pohon tersebut sampai ke ujung atas dan menemukan sebuah istana yang dihuni oleh raksasa. Dari situlah Jack mendapatkan harta dan hidupnya bersama ibunya mulai membaik.

Pelajaran yang bisa dipetik

Pesan atau pelajaran yang  bisa dipetik dari cerita dongeng Jack dan Pohon Kacang ini adalah bahwa kita tidak boleh merasa putus asa meskipun berada dalam keadaan sulit atau kekurangan, percaya bahwa masih ada Tuhan yang pasti akan memberi pertolongan dan harapan dalam kehidupan kita dan menjadi lebih baik, kita harus menghormati orang tua dan percaya bahwa banyak jalan untuk menuju kebaikan.  

3. Tiga Babi Kecil

Dongeng Tiga Babi Kecil

Dongeng Tiga Babi Kecil

Photo :

  • YouTube Cerita Kartun Anak Anak Bahasa Indonesia

Ada juga dongeng sebelum tidur yang berjudul Tiga Babi Kecil yang mungkin cukup terdengar familiar. Dongeng ini mengisahkan tentang tiga babi kecil yang ingin membangun rumah dengan keinginan mereka masing-masing. Babi kecil pertama ingin membuat rumah dari jerami, babi kecil kedua ingin membuat rumah dari kayu, sedangkan babi kecil ketiga ingin membuat rumah dari batu bata. 

Kemudian ketiga babi tersebut jadi incaran serigala jahat an rumah dari babi pertama dan kedua berhasil dihancurkan. Beruntungnya kedua babi tersebut sempat berlindung di rumah babi ketiga yang dibuat dari batu bata sehingga mereka berhasil selamat. Rumah milik abi ketiga yang terbuat dari batu bata tidak mudah hancur karena kokoh.

Pelajaran yang bisa dipetik 

Dari dongeng  di atas, kita bisa mengambil pelajaran bahwa kita butuh membuat perlindungan yang kokoh, harus kompak dalam menghadapi musuh, saling membantu, dan melindungi.

4. Harimau dan Monyet

Dongeng Harimau dan Monyet

Dongeng Harimau dan Monyet

Dongeng sebelum tidur yang lainnya berjudul Harimau dan Monyet yang bisa menjadi pilihan untuk dibacakan kepada anak. Cerita ini berawal dari seekor monyet yang menginginkan sebuah penghormatan dari penghuni hutan dan harimau yang membutuhkan asisten untuk membantunya membersihkan gua miliknya. Mulanya monyet menganggap pekerjaan yang dilakukannya mudah dan setimpal dengan penghormatan yang didapatkannya. 

Harimau lama kelamaan mempekerjakan monyet semakin keras dan berat. Alhasil membuat monyet sangat kelelahan dengan pekerjaan tersebut hingga ingin melepaskan diri dari pekerjaannya dengan harimau. Akhirnya, monyet membuat cerita bahwa ada sosok harimau lain kekuatannya melebihi harimau yang diikutinya. Harimau pun akhirnya menyerah dan melepaskan monyet karena tidak merasa menjadi yang terkuat di hutan. 

5. Semut dan Belalang

Dongeng Semut dan Belalang

Dongeng Semut dan Belalang

Photo :

  • YouTube Cerita Kartun Anak Anak Bahasa Indonesia

Terakhir ada dongeng sebelum tidur  yang berjudul Semut dan Belalang yang bisa menjadi peneman anak sebelum tidur di malam hari. Dongeng ini bercerita pada suatu hari di musim panas yang cerah ada semut dan belalang di sebuah lapangan. 

Seekor belalang tersebut sedang melompat-lompat dalam suasana musik dan seekor semut lewat dengan membawa sebatang jagung dengan susah payah yang akan dibawanya ke sarang. Kemudian belalang mengundang semut untuk duduk berama dan mengobrol dengannya.

Pelajaran yang bisa dipetik

Dari dongeng Semut dan Belalang ini kita dapat memetik pelajaran seperti kita harus menyiapkan segala sesuatunya setiap saat dan menabung demi masa depan.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.