TRIBUNNEWS.COM, GRESIK – Wakil Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) meresmikan Gedung Sekolah Alquran Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Sunanul Muhtadin di Desa Kertosono, Sidayu, Gresik, Minggu (14/8/2022).

Gus Muhaimin mengaku sangat bangga atas berdirinya Ponpes Modern Sunanul Muhtadin yang didirikan Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid itu.

”Saya bangga dan bersyukur melihat santri Pesantren Sunanul Muhtadin yang sudah dirintis dan dimulai. Alhamdulillah, ini benar-benar menunjukkan kesiapan,” ujarnya saat peresmian Gedung Sekolah Alquran Pondok Pesantren Modern Sunanul Muhtadin.

Acara dilaksanakan bersamaan dengan Riyadloh Bi Khatmil Quran dengan tema ”Mengantarkan Santri Menjadi Pemimpin Bangsa” yang dilakukan Jamiyyatul Qurro Walhuffadz Nahdlatul Ulama (JHQNU) Jawa Timur.

Peresmian Gedung Sekolah Alquran Pondok Pesantren Modern Sunanul Muhtadin ini juga dihadiri Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal.

Baca juga: Gus Muhaimin Konsolidasi dengan Ribuan Relawan di Bandung

Kemudian Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Reza, Ketua DPP PKB Iman Sukri, Ketua DPRD Gresik Muchamad Abdul Qodir, Rais Syuriyah PCNU Gresik KH Mahfudz Masum, Gus Muwaffiq, Pengasuh Ponpes Sunanul Muhtadin KH Sunan Hamli, Pengasuh Alquran KH Khairul Manan, Ketua Umum Pengurus Pusat JHQNU KH Saifullah Ma’sum, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, dan sejumlah tokoh dan para kiai lainnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Muhaimin juga mengaku kagum melihat penampilan para santri yang bisa memandu jalannya acara dengan menggunakan bahasa Inggris dan Arab.

Karena itu, Gus Muhaimin sangat optimistis nantinya Ponpes Sunanul Muhtadin akan melahirkan generasi masa depan yang unggul, tangguh, dan berprestasi serta memiliki kedalaman ilmu, khususnya ilmu-ilmu keagamaan.

Baca juga: Dipimpin Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar, Hari Ini Gerindra-PKB Daftar ke KPU

”Ini sekolah Alquran, tidak jauh dari barokah Alquran. Berkah-berkah. Insyallah dari pesantren ini akan lahir generasi pemimpin-pemimpin yang tangguh. Insyaallah ini akan dikelola dengan sangat baik karena sudah banyak contoh pesantren yang bagus-bagus, tinggal difotokopi untuk dilaksanakan secepatnya,” katanya.

Cicit seorang pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri ini mengatakan bahwa saat ini ada banyak contoh pondok pesantren atau ma’had Islamiyah, baik yang dikelola secara tradisional atau salafiyah maupun yang menggunakan manajemen dan pola pembelajaran modern.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.