TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia Diaspora Network (IDN) Global akan melaksanakan acara untuk merayakan 10 tahun gerakan diaspora pada Rabu (6/7/2022), dengan memberikan dukungan untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden IDN Global, Kartini Sursilaningsih pada konferensi pers Senin (4/7/2022), mengatakan acara ini akan mengusung tema ‘Future Indonesia’ yang akan digelar secara hybrid di Jakarta dan IKN.

Ia menyebut, diaspora Indonesia sebenarnya merupakan salah satu mitra strategis untuk turut berkontribusi membangun IKN.

“Kenapa kita bekerja sama dengan IKN, IKN adalah proyek bangsa yang besar dimana IKN diharapkan menjadi smart city of the world. Kota yang menjadi panutan dan merupakan simbol kemajuan peradaban Indonesia,” ujar Kartini di Kantor Foreign Policy Community Indonesia (FPCI).

Menurutnya diaspora Indonesia sebenarnya memiliki keinginan untuk turut berinvestasi di IKN.

Baca juga: Menlu Retno Marsudi: Indonesia Tawarkan Paket Investasi di IKN ke UEA

Para diaspora menurutnya melihat potensi besar dari hasil pembangunan IKN, misalnya dari sektor pendidikan, ekonomi, bisnis dan sebagainya.

Tentunya hal tersebut perlu adanya pemaparan dan perkenalan dari pihak IKN untuk menjadi catatan diaspora sebelum menangkap kesempatan-kesempatan tersebut.

“Tentunya diaspora menjadi partner yang strategis untuk menggaungkan pembangunan IKN, karena IKN juga bisa disebut pembangunan Indonesia,” lanjutnya,” ujarnya.

Kartini juga mengusulkan adanya ‘Rumah Diaspora’ di IKN untuk menampilkan prestasi, menggali potensi kolaborasi hingga menjalin silaturahmi antara diaspora maupun berbagai pemangku kepentingan.

Rumah Diaspora nantinya juga dapat menjadi wadah kerjasama riset Diaspora Indonesia dengan berbagai universitas-universitas di dalam dan luar negeri.

“Duet ini sangat related karena ketua otorita IKN, Bambang Susantono juga seorang diaspora Indonesia di Filipina sebelumnya. Dia dipanggil ke Indonesia untuk memberikan sumbangsih bagi Indonesia dengan menjadi ketua otorita IKN,” ujarnya.

Selebrasi ’10 Tahun Gerakan Diaspora Indonesia’ juga akan digunakan untuk memaparkan pergerakan Diaspora Indonesia dan pencapaian yang diharapkan di masa mendatang.

Ketua Badan Otorita IKN Bambang Susantono, serta Deputi Bidang Ekonomi di Bappenas, Amalia Widyasanti.

Violinist Internasional, Iskandar Widjaja juga akan turut hadir dalam acara tersebut.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.