Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Fast Food Indonesia Tbk (PT FFI) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di gerai KFC Indonesia yang berlokasi di Jalan Panjang, Jakarta Barat, Kamis,11 Agustus 2022.

PT FFI merupakan pemegang waralaba jaringan restoran cepat saji KFC di Indonesia. Sementara PLTS dan SPKLU yang diresmikan merupakan hasil kerjasama kedua perusahaan denganPT PLN (Persero) sebagai komitmen dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Justinus D Juwono, Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk mengatakan, pemanfaatan energi terbarukan oleh KFC Indonesia merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dan mencapai target carbon neutral 2060.

Baca juga: Kejar Target Bauran EBT 23 Persen, Pemanfaatan PLTS Atap Bisa Jadi Andalan

Pembangunan PLTS dan SPKLU untuk gerai KFC Indonesia telah berlangsung sejak Oktober 2021 dan hingga Agustus 2022 PLTS dan SPKLU telah beroperasi di 10 lokasi gerai KFC Indonesia. PT FFI akan terus mengembangkan PLTS dan SPKLU di sejumlah gerai KFC Indonesia.

KFC Indonesia sendiri merupakan restoran cepat saji pertama di kawasan Greater Asia yang memanfaatkan PLTS dalam memenuhi kebutuhan tenaga listrik.

Sejak menggunakan PLTS, KFC Indonesia telah mampu menghemat biaya pemakaian listrik secara signifikan. Sejak digunakan pada bulan Oktober 2021, PLTS mampu menyediakan 30 persen kebutuhan listrik gerai.

Pada tahap selanjutnya PT FFI akan berusaha untuk membangun PLTS lebih banyak lagi sekaligus memperbesar penggunaan listrik lewat energi terbarukan.

“Komitmen PT FFI, sebagai pemegang waralaba KFC dan Taco Bell di Indonesia, dalam kelestarian lingkungan sudah berjalan sejak 1990-an. Penggunaan energi terbarukan, dengan pembangunan PLTS ini, semakin menegaskan komitmen tersebut,” ungkap Justinus D Juwono, Direktur PT Fast Food Indonesia, Tbk.

Baca juga: Tarif Listrik Naik, PLTS Atap Jadi Makin Menarik Digunakan

Menurut AM Fachir, Presiden Komisaris PT Agra Surya Energy, KFC Indonesia menjadi restoran cepat saji pertama yang membangun PLTS dalam jaringan restorannya.

“KFC Indonesia juga telah merasakan penghematan biaya untuk kebutuhan listrik sejak kehadiran PLTS. Saya yakin hal ini dapat menjadi inspirasi banyak pihak dari berbagai industri untuk mengikuti langkah KFC Indonesia,” ujar Fachir.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.