Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Kementerian Luar Negeri Jepang menerbitkan logo peringatan 50 tahun hubungan ASEAN dan Jepang tahun 2023, Kamis (4/8/2022) lalu.

“Pencipta logo peringatan 50 tahun hubungan ASEAN dan Jepang tahun 2023 adalah seorang desainer terkenal Jepang, Masaya Tanabe,” ungkap sumber Tribunnews.com, Sabtu (6/8/2022).

Konsep desain dengan fitur desain logo untuk memastikan persahabatan ASEAN dan Jepang telah dibangun dengan baik selama ini.

“Hubungan yang baik selama ini sangat diharapkan akan berlanjut selama bertahun-tahun yang akan datang dengan lingkaran merah yang melambangkan bendera Jepang yang dibungkus dengan cincin Mobius dari pita sepuluh batang padi terikat yang mewakili negara-negara anggota ASEAN di lambang ASEAN,” ungkapnya.

Baca juga: Tujuan Berdirinya ASEAN Sejak 1967 Sebagai Badan Penghimpun Negara-Negara Kawasan Asia Tenggara

Gelombang Biru di bawah ini mewakili Samudra yang menghubungkan Negara-negara Asia Tenggara dan Jepang, yang mengungkapkan harapan untuk masing-masing negara akan menikmati manfaat yang kaya dari laut bersama-sama, dan menghubungkan persahabatan dan kerja sama yang akan dibangun bersama.

Kata kuncinya dalam Bahasa Inggris adalah Persahabatan Emas, Peluang Emas serta Persahabatan Cemerlang Peluang Cemerlang dan dalam bahasa Jepang dituliskan Kagayakeru Yujo Kagayakeru Kikai.

Kata kunci tersebut dengan pencipta adalah Marlon Villones Guerrero (Filipina) .

Dengan penjelasan, “Persahabatan Emas, Peluang Emas” dirayakan oleh ASEAN – Jepang pada tahun 2023.

“Ikatan kuat antara negara-negara anggota ini ditemukan dalam jangka panjang persahabatan dan kerja sama dalam kurun waktu 50 tahun, terlihat dari persahabatan mereka yang berkembang 50 tahun yang lalu, dan ditemukan produktif dan kooperatif di antara negara-negara anggota yang memiliki Era Peluang Emas mereka di tengah-tengah pandemi.”

Dengan demikian, 50 tahun lagi persahabatan dan kerja sama yang kuat, di tengah pemulihan ekonomi, juga menantikan peluang emas lainnya sepanjang jalan Persahabatan Emas.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif.

Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.