VIVA Edukasi – Barakallah fii umrik artinya merupakan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab yang belakangan kerap digunakan oleh orang-orang, terutama bagi mereka yang seorang Muslim. Seperti ucapan selamat ulang tahun pada umumnya, ucapan barakallah fii umrik artinya bertujuan untuk memberikan doa bagi seseorang yang sedang berulang tahun agar selalu diliputi keberkahan dalam hidupnya.

Pada kali ini kita akan membahas ucapan barakallah fii umrik artinya beserta hukum mengucapkannya kepada seseorang yang sedang berulang tahun yang telah dirangkum dan dilansir oleh VIVA dari berbagai sumber. 

Barakallah fii umrik artinya?

Ilustrasi kue ulang tahun.

Ilustrasi kue ulang tahun.

Memahami barakallah fii umrik artinya apa, umumnya digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun hingga kelahiran seseorang. Tujuan utama mengucapkan arti dari barakallah fii umrik, yakni mendoakan agar orang lain diberi keberkahan.

Kita akan membedah satu per satu mengenai arti kata dari ‘barakallah fii umrik’. Pertama arti dari “barakallah” yang berasal dari kata dasar “baaraka” dalam bahasa Arab yang artinya adalah berkah, kemanfaatan dan kebaikan. 

Kedua, kata “Allah” yang sudah pasti artinya adalah Allah SWT. Nah, apabila kedua kata dalam bahasa Arab tersebut digabung menjadi barakallah dari barakallah fii umrik, maka memiliki arti “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah” atau “Semoga Allah Memberkahi.”

Sementara, yang ketiga, kita akan mengupas arti dari barakallah fii umrik berdasarkan kata “fii” dalam bahasa Arab memiliki arti kepada, pada, pada yang, tentang dan masih banyak lagi. Apabila katanya digabung menjadi barakallah fii, maka artinya menjadi “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada” atau “Semoga Allah Memberkahi kepada.”

Terakhir, kita akan mengupas dan memahami arti kata “umrik” dalam bahasa Arab yang di mana artinya adalah usia atau umur, kelahiran dan kehidupan. Nah, apabila ketiga dari kata tersebut digabung, maka arti dari barakallah fii umrik menjadi “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Umurmu” atau “Semoga Allah Memberkahi kepada Umurmu.”

Berikut ini barakallah fii umrik artinya:

1. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Umurmu.”

2. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Usiamu.”

3. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Kelahiranmu.”

4. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Kehidupanmu.”

Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun dalam Islam

Ilustrasi kue ulangtahun

Selanjutnya kita akan membahas mengenai hukum mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam. Dalam Islam sendiri, memberi ucapan selamat selamat ulang tahun atau milad adalah mubah yang berarti masih diperbolehkan. 

Mubah sendiri merupakan perbuatan yang mengacu pada dianjurkan, akan tetapi tidak ada jaminan seseorang yang memberikan ucapan tersebut mendapatkan pahala. Hal tersebut merujuk pada kitab Al-Iqna’ fi Halli Alfazhi Abi Syuja oleh Asy Syarbini. 

Pendapat tentang hukum memberi ucapan selamat ulang tahun sendiri sebenarnya selama ini masih menjadi perdebatan para ulama. Namun, pendapatnya telah ditetapkan tahniah (ucapan selamat) itu mubah.

“Tidak sunnah dan tidak pula bid’ah,”.

Hukum memberi ucapan ulang tahun memang dimubahkan, namun dengan catatan tidak adanya perbuatan yang munkar seperti menyalakan dan meniup lilin, bercampur baur antara laki-laki dan perempuan, permainan musik, memasang gambar, patung dan yang lainnya.

Menjawab ucapan barakallah fii umrik

Ilustrasi meniup kue ulang tahun

Ilustrasi meniup kue ulang tahun

Jawaban yang tepat untuk menjawab seseorang yang mengucapkan ucapan barakallah fii umrik kepada kita saat sedang berulang tahun adalah “Jazakallahu khairan” yang berarti “Semoga Allah membalas dengan kebaikanmu.” 

Kumpulan Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab

Ilustrasi ulang tahun.

Selamat ulang tahun: eid mulid saeid

Selamat: tahanina!

Selamat ulang tahun: eid milad saeid!

Selamat ulang tahun temanku: eid milad saeid ya sidiqi

Selamat ulang tahun cintaku: eid milad saeid habi

Selamat ulang tahun cantik: eid milad saeid yajmil

Selamat ulang tahun untukku: eid milad saeid

Selamat ulang tahun yang luar biasa: atamanaa lak eid milad rayiei

Semoga semua keinginan Anda menjadi kenyataan: easaa ‘an tatahaqaq kulu ‘amaniki

Saya mengucapkan selamat ulang tahun yang luar biasa: ‘atamanaa lak eid milad rayiei

Saya harap Anda memiliki hari yang fantastis dan tahun yang fantastis yang akan datang: ‘atamanaa lak ywman rayean wasunatan rayieatan qadimatan.

Semoga ulang tahun Anda dipenuhi dengan tawa: ‘atamanaa ‘an yakun eid miladik mlyyan bialdahika

Saya harap Anda memiliki ulang tahun yang indah wamal ‘an yakun eid milad rayiein.

Saya berharap yang terbaik untuk Anda di hari istimewa Anda: ‘atamanaa lak kula altawfiq fi yawmik alkhasi.

Semoga Anda mendapatkan hari yang spesial seperti Anda: ‘atamanaa lak ywman mmyzan mithlaka.

Saya berharap Anda tidak pernah berhenti menikmati semua momen kecil dalam hidup Anda: ‘atamanaa ‘alaa tatawaqaf abdan ean alaistimtae bikuli allahazat alsaghirat fi hayaatika

Mari bersulang untukmu, temanku: daena narfae nakhab lak ya sadiqi aleaziza

Untuk kebahagiaan Anda: lisaeadatika!

Bisakah kamu percaya?! Ini hari ulang tahunmu hari ini: hal yumkinuk tasdiq dhalika?! alyawm eid miladiki!

Anda bertahan satu tahun lagi. Selamat: laqad najawt sanatan ‘ukhraa. mabrukun

Saya berharap Anda memiliki ulang tahun yang paling bahagia: ‘atamanaa lak ‘asead eid milad ealaa al’iitlaqi!

Ayo rayakan ulang tahunmu: daena nahtafil bieid miladik

Aku sangat senang kamu datang ke dunia ini. Anda membuat hidup saya istimewa setiap hari: ‘ana saeid jdan li’anak ‘atayt ‘iilaa hadha alealami. ‘ant tajeal hayati mumayazatan kula yumi

Aku mencintaimu! Selamat ulang tahun: ana ahbaka! eid mulid saeid

Aku orang paling beruntung di dunia karena aku memilikimu! Selamat ulang tahun: ‘ana ‘asead shakhs fi alealam li’anani ‘amlikuku! eid mulid saeid

Saya sangat bangga dengan orang seperti Anda! Selamat ulang tahun: ‘ana fakhur jdan bialshakhs aladhi ‘ant ealayhi! eid mulid saeid

Senang rasanya bisa berbagi hari istimewa ini dengan Anda: iinah li’amr rayie ‘an takun qadran ealaa musharakat hadha alyawm almumayaz maeki.

Itulah penjelasan lengkap mengenai barakallah fii umrik artinya apa beserta hukum mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam dan kumpulan ucapan ulang tahun dalam bahasa Arab. Semoga tulisan barakallah fii umrik artinya apa ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu yang membaca dan membutuhkannya. 

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.