Jakarta: PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) mendorong program keberlanjutan yang turut berkontribusi untuk sektor lingkungan hidup. Upaya ini dilakukan agar perseroan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasionalnya.  
 
“Untuk mendukung visi tersebut kami telah melakukan berbagai  inisiatif program peningkatan kesejahteraan dan pelestarian lingkungan yang dilaksanakan di berbagai  wilayah dimana kami berada, termasuk di NTT,” Corporate Secretary Head MPM Honda Jatim Vinensia Kenanga dalam keterangan tertulis, Rabu, 27 Juli 2022.
 
MPMX mengadakan penanaman mangrove sebagai bagian dari peresmian wilayah rehabilitasi dan penanaman 10 ribu bibit mangrove di Desa Golo Sepang, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Program ini dilakukan sejak awal 2022 melalui berbagai tahapan untuk memastikan bahwa lokasi dan penerima manfaat adalah target yang tepat.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Di tahun ini kami berfokus untuk melakukan program rehabilitasi mangrove di wilayah Desa Golo Sepang untuk membantu pelestarian wilayah pesisir pantai NTT. Langkah tersebut sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan penggiat mangrove, nelayan, dan seluruh warga desa,” ungkapnya.
 
Melalui penandatanganan kesepakatan untuk merawat mangrove, bibit mangrove yang ditanam diharapkan dapat dirawat dan tumbuh dengan baik sehingga bisa membawa manfaat bagi para penggiat, nelayan, dan warga desa setempat, seperti melindungi wilayah desa dan pemukiman dari abrasi.
 
Selain itu, mangrove juga membantu biota atau hewan-hewan laut seperti ikan, udang, kepiting, dan kerang untuk dapat hidup dan berkembang biak dengan baik, sehingga hasilnya dapat dinikmati para nelayan untuk dijual atau dinikmati sendiri. Tak hanya itu, buah dan daun dari pohon mangrove juga dapat diolah menjadi  minuman dan makanan ringan sehingga bisa menjadi peluang UMKM.
 

 

GM Corporate Communication & Sustainability MPMX Natalia Lusnita menjelaskan, program rehabilitasi mangrove merupakan salah satu dari strategi keberlanjutan (sustainability) Perseroan di bidang lingkungan hidup dalam payung MPM Green Action. Melalui program ini, MPMX ingin ikut berpartisipasi aktif dalam pengentasan pemanasan global.
 
Ia menyebut, mangrove tidak saja dapat mengembalikan fungsi ekosistem dan lingkungan, tetapi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, MPMX mendukung mitigasi dampak perubahan iklim dan mengimplementasikan praktik-praktik terbaik untuk mewujudkan kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.
 
“Ada potensi lahan yang besar sekali di area Muara Sungai Kali Terang di Golo Sepang ini, sehingga program ini akan menjadi program jangka panjang dimana banyak pengembangan yang bisa kami lakukan baik berupa penambahan penanaman bibit, maupun peningkatan keterampilan dan kemampuan para petani binaan dan nelayan setempat,” pungkas dia.
 

(HUS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.