Jakarta: Sobat Medcom yang belum diterima di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada jalur-jalur sebelumnya, jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan untuk menjadi mahasiswa Unesa tahun ini melalui Jalur Mandiri SPMB Reguler.
 
“Jalur reguler ini memang untuk memberikan kesempatan kepada peserta yang belum diterima pada jalur sebelumnya atau peserta yang mengalami kendala, misalnya terlambat menyelesaikan pendaftaran” ujar Kepala Satuan Admisi Unesa Sukarmin dikutip dari laman unesa.ac.id, Kamis, 27 Juli 2022.
 
Pendaftaran dibuka pada 25-29 Juli 2022. Sukarmin menuturkan Jalur Mandiri SPMB Reguler termasuk kelompok Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK) untuk sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4).





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyelenggaraan tes berbasis komputer secara daring. “Nanti peserta tidak perlu datang ke kampus, tesnya bisa di kediaman masing-masing,” ucap dia.
 
Adapun materi yang dites yaitu kemampuan potensi akademik (TKPA) dan saintek atau soshum. Syarat pendaftar yakni:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020, 2021 atau 2022 yang dibuktikan dengan ijazah atau surat keterangan lulus untuk lulusan tahun 2022
  3. Peserta bisa memilih dua prodi
  4. Peserta yang memilih prodi-prodi keolahragaan dan seni serta belum memiliki nilai portofolio dari LTMPT, wajib mengupload dokumen portofolio

Informasi lebih lanjut pendaftaran jalur SPMB Reguler Unesa melalui laman sipenmaru Unesa, Adapun informasi terkait jurusan atau prodi bisa mengunjungi laman https://admisi.unesa.ac.id.
 
Biaya pendaftaran untuk pendaftar yang memilih satu prodi Rp300 ribu dan Rp400 ribu untuk dua prodi. Uang pendaftaran dibayar melalui virtual account BTN.

Jalur SPMB Beasiswa Kaltim

Unesa juga masih membuka pendaftaran Jalur Mandiri Unesa SPMB Beasiswa Kalimantan Timur untuk prodi S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB). Pendaftaran dibuka 25-29 Juli 2022.
 
Tes digelar pada 31 Juli 2022. Berikut syarat pendaftaran peserta:

  1. Jalur ini ditujukan bagi peserta yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kalimantan Timur
  2. Merupakan lulusan SMA/MA/SMK/Paket C atau sederajat angkatan 2020, 2021 dan 2022 yang dibuktikan dengan ijazah atau surat keterangan lulus untuk lulusan tahun 2022
  3. Peserta akan melalui ujian tulis berbasis komputer dengan materi tes; potensi akademik dan soshum
  4. Peserta hanya dapat memilih prodi S-1 Pendidikan Luar Biasa (PLB)
  5. Seleksi atau tes akan dilaksanakan secara daring atau online.

Peserta yang lolos beasiswa ini bebas sumbangan pengembangan institusi (SPI) dan uang kuliah tunggal (UKT). Mahasiswa juga mendapat uang saku selama 8 semester atau empat tahun.
 
“Beasiswa kerja sama ini atas kerja sama Unesa dengan Pemprov Kaltim lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim,” tutur Sukarmin.
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.