SURYA.CO.ID, NGANJUK – Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Nganjuk mematangkan rencana penerapan e-ticketing atau tiket elektronik untuk masuk ke estinasi wisata. Hal itu sebagai langkah untuk mewujudkan sistem digitalisasi menuju Nganjuk Kota Cerdas (Smart City).

Kepala Bidang Peningkatan Daya Tarik Destinasi Pariwisata Disporabudpar Kabupaten Nganjuk, Amin Fuadi menjelaskan, rencana tersebut telah disampaikan melalui “Sosialisasi Penerapan e-ticketing di Obyek Wisata Kabupaten Nganjuk” kepada koordinator dan operator di bagian loket objek wisata di seluruh Kabupaten Nganjuk.

“Dalam penerapannya, e-ticketing akan memanfaatkan aplikasi pembelian tiket online, seperti tiket.com, ovo, dan sebagainya,” kata Amin, Jumat (1/7/2022).

Nantinya, dijelaskan Amin, para petugas loket diminta mengunduh aplikasi tersebut untuk praktik serta berkoordinasi dengan Bank Jatim sebagai mitra finansial. Dan langkah pertama e-ticketing itu akan diterapkan di dua objek wisata.

Yaitu di Taman Rekreasi Anjuk Ladang (TRAL) dan kolam renang Sri Tanjung. Dengan pertimbangan di dua objek wisata tersebut telah terjangkau oleh jaringan internet. “Untuk obyek wisata lain tentu masih perlu koordinasi dengan pihak terkait dalam pemasangan jaringan internet dan sebagainya,” ujar Amin.

Meski telah membeli tiket secara online, tambah Amin, pengelola objek wisata nantinya tetap meminta tiket asli saat kepada pengunjung saat masuk. Itu sebagai bukti telah membeli tiket secara online.

Diharapkan, penerapan e-ticketing nantinya akan dapat dipahami oleh masyarakat Nganjuk agar segera diterapkan di seluruh objek wisata sehingga dapat memberikan layanan lebih baik kepada wisatawan.

“E-ticketing ini nanti juga tetap didampingi dengan penjualan tiket langsung. Dan seiring berjalannya waktu, jika masyarakat sudah menerima e-ticketing, maka nanti akan di terapkan di semua objek wisata dikelola Pemkab Nganjuk,” tandas Amin.

Sementara Pjs Pemimpin Cabang Bank Jatim Nganjuk, Arma Widyandra Liandi mengatakan, Bank Jatim akan mensupport penuh langkah Disporabudpar dalam percepatan digitalisasi daerah. Melalui aplikasi Mobille Bank Jatim, para wisatawan bisa membeli tiket secara online.

“Cukup gunakan JConnect dan scan barcode pada QRIS, tiket bisa didapatkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Nganjuk,” tutur Arma. *****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.