Beredar sebuah foto yang diklaim memeprlihatkan pelaku penembakan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Disebutkan, pelaku penembakan bernamaSamzuki Hydaiko yang disebut seorang ekstremis politik terkenal dan anggota Yakuza.
 
Akun Twitter ini mengunggah foto tersebut pada 8 Juli 2022. Pada unggahan fotonya, akun itu menyertakan cuitan dengan narasi sebagai berikut ini:
 
“BREAKING: #ShinzoAbe’s shooter identified as Samzuki Hydaiko. “A known political extremist and Yakuza member”


Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya.
[Cek Fakta] Beredar Foto Pelaku Penembakan Mantan PM Jepang Shinzo Abe? Begini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkan pelaku penembakanShinzo Abe bernama Samzuki Hydaiko, seorang ekstremis politik terkenal dan anggota Yakuza adalah salah. Faktanya, foto tersebut memperlihatkan seorang komedian, penulis, dan aktor yang berasal dari Amerika Serikat.
 
Dilansir Medcom.id,Polisi Jepang telah menangkap pelaku penembakan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bernama Tetsuya Yamagami, pria berusia 42 tahun. Tetsuya Yamagami merupakan warga lokal Nara, mantan Pasukan Bela Diri Maritim.
 
Laporan oleh NHK juga mengungkapkan bahwa Yamagami bekerja untuk Pasukan Bela Diri Maritim selama tiga tahun hingga sekitar tahun 2005. Polisi juga menyita pistol rakitan.
 
“Di kantor polisi, Yamagami dilaporkan mengatakan bahwa dia menembak mantan PM Abe karena dia tidak puas dengannya. Polisi di kantor polisi mendengarkan pernyataan Yamagami,” lapor kantor berita NHK.
 
Seperti diketahui, Shinzo Abe ditembak dengan senapan saat dia menyampaikan pidato di dekat Stasiun Yamato-Saidaiji di Kota Nara. Abe jatuh ke tanah dan berdarah dari dada sesuai foto yang dibagikan oleh kantor berita Jepang. Saat Shinzo Abe ditembak, dia tengah berkampanye untuk pemilihan Majelis Tinggi mendatang dan membantu calon dari Partai Liberal Demokratik, Kentaro Asahi.
 
Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar memperlihatkan pelaku penembakanShinzo Abe bernama Samzuki Hydaiko, seorang ekstremis politik terkenal dan anggota Yakuza adalah salah. Faktanya, foto tersebut memperlihatkanseorang komedian, penulis, dan aktor yang berasal dari Amerika Serikat.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] Beredar Foto Pelaku Penembakan Mantan PM Jepang Shinzo Abe? Begini Faktanya
 
Referensi:

-https://www.medcom.id/internasional/asia-pasifik/GKd2vweb-pelaku-penembakan-shinzo-abe-terungkap-warga-lokal-dan-mantan-al-jepang
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016?

 

(WAN)


Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.