Jakarta: Keinginan Dewi Nabilla Putri berkuliah hampir gagal. Hal itu lantaran usaha orang tuanya mengalami kemunduran. 
 
Alumni SMAN 10 Yogyakarta itu juga tidak yakin masuk sebagai siswa eligible dalam SNMPTN karena persaingan ketat. Namun, keberuntungan berpihak padanya, Dewi lolos diterima jalur SNMPTN pada prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 
 
Anak pasangan Agus Eko Cahyanto yang berprofesi sebagai pengemudi dan Fitri Indriyani seorang ibu rumah tangga tersebut juga mendapatkan beasiswa KIP Kuliah. Fitri mengatakan pada awalnya anak sulungnya tersebut sudah hampir urung kuliah karena masalah biaya dan akan bekerja di Jakarta. 





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, dengan kegigihannya Dewi mulai mencari informasi tentang beasiswa menempuh pendidikan tinggi. “Awalnya saya sudah pesimis dengan KIP Kuliah, bahkan sudah diniatkan apabila memang tidak mendapat beasiswa akan disambi kerja,” kata Dewi dikutip dari laman uny.ac.id, Jumat, 22 Juli 2022.  
 
Awalnya, Dewi diterima di UNY melalui jalur SNMPTN dengan tidak memiliki KIP Kuliah dan mendapatkan UKT I sebesar Rp500.000. Dewi mendaftarkan KIP Kuliah susulan setelah membayar UKT yang didapatkannya.
 
Gadis kelahiran Bekasi, 11 Juni 2003 tersebut memilih program studi bimbingan dan konseling karena menyukainya. Semula, Dewi tidak mengira akan diterima karena dari sekolahnya dulu belum pernah ada yang diterima pada program studi ini di jalur SNMPTN. 
 
Apalagi, dia juga lintas jurusan dari IPA ke IPS. Ibunya, Fitri bercerita Dewi sebenarnya pandai di bidang matematika dan menyarankan masuk pada program studi tersebut. 
 
Sebab, saat sekolah warga Condongcatur Sleman tersebut sering mengikuti Olimpiade Matematika. Saat SMA, Dewi mendapatkan ranking pertama di kelasnya di mana terdapat 4 kelas IPA dan 2 kelas IPS. 
 
“Dewi ini berpikirnya santai namun tetap serius dengan menetapkan pilihannya pada program studi bimbingan konseling,” kata Fitri. 
 
Dia berharap beasiswa KIP Kuliah yang didapatkan Dewi dapat menyelesaikan kuliah dan mendapat nilai yang baik. Saat ini, Dewi berhasil meraih indeks prestasi 3,7. 
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.