Sydney: Australia melaporkan salah satu angka kematian harian tertinggi dari covid-19 baru pada Kamis,21 Juli 2022. Padahal, penerimaan rumah sakit mendekati angka tertinggi dari wabah sebelumnya.
 
Pihak berwenang kini harus kembali berjuang untuk mengatasi varian Omicron yang sangat menular. Varian BA.4/5 dapat menghindari perlindungan kekebalan dari vaksinasi atau infeksi sebelumnya. Varian ini telah mendorong lonjakan infeksi baru secara global.
 
Australia melaporkan jumlah harian tertinggi sejak gelombang Omicron pertama awal tahun ini, dengan 89 kematian akibat virus korona pada Kamis dan 90 pada Rabu. Lebih dari 55.600 kasus baru tercatat pada hari ini, tertinggi sejak 18 Mei.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perdana Menteri Anthony Albanese mengatakan, para pemimpin negara bagian dan pejabat kesehatan federal tidak merekomendasikan membuat masker wajib di tempat-tempat dalam ruangan, meskipun ada panggilan oleh beberapa dokter untuk melakukannya.
 
Australia menghindari tingginya angka kematian yang terlihat di negara-negara lain selama gelombang pertama pandemi. Sebagian besar berkat tingkat kepatuhan publik yang tinggi terhadap pembatasan jarak sosial yang ketat.
 
Tetapi ada sedikit keinginan publik untuk kembali ke langkah-langkah seperti itu untuk mengalahkan lonjakan infeksi terbaru. Namun, pemerintahan Albanese menolak tekanan dari beberapa pakar kesehatan untuk memberlakukan mandat masker.
 
“Tidak ada gunanya memiliki mandat kecuali jika dipaksakan,” kata Albanese kepada Radio ABC.
 
Baca juga: Angka Kematian Akibat Covid-19 di Australia Lampaui 10.000
 
Dia mengatakan, pejabat kesehatan juga harus mempertimbangkan efek dari pembatasan ketat pada kesehatan mental.
 
Gelombang Omicron terbaru mendorong jumlah orang dengan covid-19 di rumah sakit Australia, mendekati puncaknya pada Januari. Sekitar 5.350 pasien dirawat di rumah sakit, dan beberapa negara bagian sedang berjuang melawan rekor penerimaan.
 
Pihak berwenang mendesak pebisnis untuk mengizinkan staf bekerja dari rumah dan merekomendasikan orang-orang untuk segera mendapatkan suntikan booster. Hanya sekitar 71 persen dari populasi yang memenuhi syarat yang telah menerima booster mereka dengan sekitar 95 persen orang di atas 16 tahun memiliki dua dosis.
 
Sejak pandemi dimulai, Australia telah melaporkan sekitar 9 juta kasus covid-19 dan 10.968 kematian.
 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.