Jakarta: Presiden Republik Demokratik Timor Leste, José Ramos-Horta, mengungkap kerja sama Indonesia dan Timor-Leste serta dukungan Indonesia di berbagai bidang pembangunan, termasuk pendidikan dan sumber daya manusia. Hal itu disampaikan saat kuliah umum di depan sivitas akademika Universitas Indonesia (UI) berjudul “A Long and Winding Road Towards Peace and Resolving Conflicts: Lessons from Asia’s Newest Nation”.
 
“Tidak ada batas untuk mengembangkan kerja sama dengan Indonesia, negara yang sangat penting bagi Timor Leste,” ujar Ramos dikutip dari keterangan tertulis, Kamis, 21 Juli 2022.
 
Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Ramos-Horta dalam kunjungan luar negeri pertamanya usai dilantik sebagai presiden pada 20 Mei 2022. Dia merasa terhormat dapat kembali ke Indonesia.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ramos juga menceritakan singkat pertautan erat antara sejarah diri Timor Leste dan Indonesia. Termasuk, perjalanan pertamanya ke Jakarta pada 1974.
 
Peraih Nobel Perdamaian ini menceritakan perjalanan perjuangannya untuk kemerdekaan Timor Leste dan upaya rekonsiliasi dengan Indonesia. Dia kemudian mengambil pelajaran dari perjalanan tersebut.
 
Pada kuliah umum yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dinamis dengan mahasiswa itu, Ramos juga membahas berbagai hal tentang perkembangan Timor Leste, hubungan Timor Leste dengan Indonesia dan ASEAN, hingga pandangan tentang ketegangan geopolitik yang meningkat. Ramos memuji kunjungan Presiden Joko Widodo ke Rusia dan Ukraina dengan membawa misi mendorong semangat perdamaian dan membawa agenda rantai pasokan pangan global.
 
Ramos juga menyampaikan harapan Timor Leste untuk Indonesia. Mulai dari visa yang lebih mudah dan peningkatan investasi dari Indonesia ke Timor Leste untuk mendorong pembangunan ekonomi.
 
Rektor UI Ari Kuncoro menyampaikan hubungan UI dengan masyarakat Timor Leste sangat istimewa. Dalam kurun waktu 2015 dan 2019, UI menerima sejumlah mahasiswa dari Timor Leste dalam program magister dan doktoral di berbagai program studi.

 

Halaman Selanjutnya

Seperti studi kepolisian, teknik, ekonomi…

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.