Beredar sebuah gambar dengan narasi bahwa aktor bela diri Hong Kong Bruce Lee merupakan seorang muslim. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Ahfar Zahfi yang turut mengunggah gambar dengan narasi tersebut, 12 Juli 2022. Berikut penampakannya:
 

[Cek Fakta] Benarkah Bruce Lee Seorang Muslim dan Ini Nama Aslinya Badruddin Rusli? Ini Faktanya


Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah demikian?

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa aktor bela diri Hong Kong Bruce Lee merupakan seorang muslim, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
 
Di sisi lain, Bruce Lee dilaporkan sebagai salah satu selebriti yang memilih menjadi ateis atau orang yang tidak percaya akan adanya Tuhan.

“Bruce Lee mengaku tidak percaya Tuhan itu ada. Dia menyampaikan hal itu di hadapan para wartawan pada 1972. “Sejujurnya aku benar-benar tidak percaya,” kata Bruce Lee,” seperti dimuat Celebrities.id dalam laporannya, Sabtu 25 Desember 2021.

[Cek Fakta] Benarkah Bruce Lee Seorang Muslim dan Ini Nama Aslinya Badruddin Rusli? Ini Faktanya
 
Sementara itu, Bruce Lee memiliki nama asli Lee Jun-fan. Ia lahir pada 27 November 1940 di San Francisco.


“Orang tuanya lalu membawa Bruce Lee kembali ke Hong Kong di mana dia dibesarkan,” tulis Kompas.com dalam laporannya, (27/11/2020).

[Cek Fakta] Benarkah Bruce Lee Seorang Muslim dan Ini Nama Aslinya Badruddin Rusli? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:

Klaim bahwa aktor bela diri Hong Kong Bruce Lee merupakan seorang muslim, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
 

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 

Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 

Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
 

[Cek Fakta] Benarkah Bruce Lee Seorang Muslim dan Ini Nama Aslinya Badruddin Rusli? Ini Faktanya
 

Referensi:

https://www.celebrities.id/read/selebritas-hollywood-ini-mengaku-ateis-tak-percaya-ada-tuhan-dan-kehidupan-setelah-mati-Ty01h0

https://www.kompas.com/global/berita/135434970-biografi-tokoh-dunia-bruce-lee-dan-9-hal-yang-perlu-anda-ketahui?page=all

https://www.facebook.com/groups/3164850087126991/posts/3263512533927412
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

(DHI)


Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.