SURYA.CO.ID, NGANJUK – Penurunan angka stunting terus dilakukan Pemkab Nganjuk. Kali ini melalui program Sebarnusa (Semangat Berkobar Membangun Nusa Bangsa), yang nantinya juga memerlukan keterlibatan setiap pemuda dan keluarga dari setiap lapisan masyarakat di Nganjuk.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi menjelaskan, program Sebarnusa tersebut bisa menjadi program bersama untuk mencegah dan menurunkan angka stunting di Nganjuk. Program tersebut bukan hanya milik pemerintah tetapi juga milik masyarakat dan keluarga-keluarga di Kabupaten Nganjuk.

“Melalui program Sebarnusa itu kita bisa mewujudkan mimpi besar Pemkab Nganjuk untuk mencetak generasi emas dan mewujudkan SDM yang unggul serta berkualitas. Dan itu sesuai dengan visi misi program pemerintah daerah,” kata Marhaen Djumadi, Kamis (14/7/2022).

Dijelaskan Marhaen Djumadi, dalam upaya untuk mewujudkan itu semua, saat ini pemda sudah melaksanakan berbagai program pendampingan untuk generasi muda. Di antaranya dengan memberikan bimbingan konselor atau training kepada para pemuda seperti kegiatan Sebarnusa.

“Ini bisa dartikan kalau para pemuda di Kabupaten Nganjuk atau khususnya di Kecamatan Pace ini, dapat diberikan wadah (tempat) sebagai teman curhat melalui pendampingan. Dan nanti jika mereka (pemuda) akan menikah sudah memiliki bekal akan pentingnya pencegahan stunting,” ucap Marhaen.

Ditambahkan Marhaen Djumadi, upaya penurunan stunting tidak berhenti di situ saja, tetapi nanti kalau mereka sudah hamil juga akan diberikan bimbingan sampai bayinya lahir. Di usia 1000 hari atau usia anak dua tahun akan terus didampingi oleh petugas di lapangan dan dikoordinir oleh camat setempat.

“Dengan demikian bayi yang dilahirkan bisa dalam kondisi sehat dan tidak stunting,” tambahnya.

Karena itu, ungkap Marhaen, program Serbanusa tersebut diharapkan akan mampu memberikan kontribusi dalam pencegahan dan pengendalian stunting di Kabupaten Nganjuk. “Targetnya di tahun 2022 ini stunting harus turun di angka 14 persen. Ini perlu kerjasama kita semua,” tegasnya.

Sementara Camat Pace,Ida Shohibatin mengatakan, gerakan Sebarnusa sebagai kegiatan untuk memberdayakan kaum muda sebagai generasi bangsa yang harus dibekali kreativitas dalam mencapai masa depannya.

“Ini dikarenakan persoalan yang dihadapi jumlah pemuda melebihi jumlah generasi lansia dan lain sebagainya,” kata Ida.

Makanya, tambah Ida, secara intensif dilakukan bimbingan dan arahan kepada para pemuda dengan gerakan Sebarnusa tersebut. Hal itu dimaksudkan agar kelak sebagai generasi penerus bangsa memiliki kreativitas atau kegiatan yang terencana dengan baik dengan semangat berkobar untuk nusa dan bangsa.

“Pada ujungnya nanti kesejahteraan dan kebahagiaan bisa didapatkan oleh generasi muda penerus bangsa,” tutur Ida. ****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.