Jakarta: Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, tampil menawan ketika melakoni babak pertama Singapore Open 2022, Rabu 13 Juli. Saat itu, Lauren Lauren Lam asal Amerika Serikat yang menjadi lawannya, mampu dikalahkan dengan skor 21-16 dan 21-13 dalam tempo 27 menit.
 
Seperti dikutip dari rilis Humas dan Media PP PBSI, semangat juang dan rasa percaya diri Gregoria sangat tinggi dalam pertandingan tersebut. Namun, Gregoria tidak ingin jemawa dan menyebutkan bahwa masih ada kesalahan yang dilakukan dalam laga melawan Lauren.
 
“Secara keseluruhan, penampilan saya hari ini oke. Saya makin percaya diri. Meski begitu, tetap harus ada yang perlu ditingkatkan karena tadi juga masih banyak melakukan kesalahan sendiri,” kata Gregoria seusai laga.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kondisi saya juga lebih nyaman hari ini. Saya bisa lebih yakin dan bisa bermain lepas,” tambahnya.
 
Sementara itu menurut Rionny Mainaky selaku Kabid Binpres PP PBSI dan pelatih tunggal putri, Gregoria sudah menunjukkan progres positif dari hasil Malaysia Masters pekan lalu. Pemilik gelar Kejuaraan Dunia Junior 2017 itu disebut Rionny menunjukkan grafik yang makin membaik. 
 
Tak hanya dari sisi ketrampilan, penampilan, teknik, dan cara bermain, yang lebih menggembirakan ada kemajuan dalam hal non-teknis. Mulai dari kepercayaan diri, keyakinan, hingga semangat juang, semuanya menunjukkan performa meningkat. 
 
“Tadi yang saya lihat saat bertanding, faktor-faktor non-teknis yang selama ini kerap menghambat penampilan Gregoria di lapangan, sudah mulai hilang. Ini tentu hal yang positif,” ujar Rionny. 
 
Rionny Mainaky. (Foto: Medcom.id/Zam)
Singapore Open: Gregoria Lewati Babak Pertama dengan Peningkatan Performa
 
Rionny menjelaskan lebih lanjut, Gregoria juga mampu beradaptasi dengan kondisi angin ketika melawan Lauren Lam. Kemudian, anak didiknya itu bisa menerapkan strategi dengan baik di sepanjang laga. 
 
“Memang masih ada juga kesalahan, buangan bolanya salah atau pukulannya tanggung. Tetapi secara keseluruhan sudah baik. Dalam strategi permainan dan adaptasi dengan angin, Gregoria sangat baik hari ini. Dia juga sangat cerdik dalam mengatur pola permainan,” papar Rionny. 
 
Harapannya, dengan didukung kondisi yang lebih baik ini, Gregoria bisa tampil konsisten untuk mengatasi Zhang Yi Man asal Tiongkok pada di babak kedua salah satu ajang BWF World Tour Super 500 ini. 
 
“Untuk besok lawan Zhang, saya mencoba bermain lebih lepas dulu. Saya ingin menampilkan yang terbaik. Saya ingin main seenak mungkin saja dahulu,” ujar Gregoria. 
 
“Semoga saja, performa baik hari ini bisa dijaga terus Gregoria, termasuk saat tampil di babak kedua,” timpal Rionny.

 

(KAH)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.