Jakarta: Timnas bola basket Indonesia tampil gemilang pada laga perdana fase grup FIBA Asia Cup 2022 yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 12 Juli. Saat itu, skuad Merah Putih sukses menaklukkan Arab Saudi dengan skor telak, 80-54.
 
Hasil ini membuat Indonesia berada di puncak klasemen sementara grup A dengan selisih memasukan-kemasukan plus 26 poin. Sedangkan Australia yang di laga sebelumnya menang 78-60 dari Yordania memiliki selisih memasukan dan kemasukan 18 poin.
 
Marques Bolden yang baru pertama kali tampil di hadapan pendukung sendiri tampil luar biasa dengan menjadi penyumbang angka terbanyak untuk Indonesia. Pemain naturalisasi asal Amerika Serikat itu sukses menorehkan 32 poin, 16 rebound dan 6 assist.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya Bolden, sejumlah pemain Indonesia lainnya juga tampil menawan dengan mencetak angka dua digit, yakni Abraham Damar Grahita 13 poin, Andakara Prastawa 10 poin dan 9 assist, Brandon Jawato 10 poin dan Derrick Michael 8 poin serta 14 rebound.
 
Erick Thohir selaku FIBA Board Member menyaksikan langsung laga tersebut dan memuji permainan menawan para pemain Indonesia. Dia berharap, tren positif kemenangan itu tercipta pada laga selanjutnya dan dukungan suporter Tanah Air pun semakin besar.
 
“Luar biasa penampilan dan perjuangan para pemain Indonesia. Semoga Mereka bisa konsisten di laga selanjutnya. Dua lawan berikutnya, Yordania dan Australia, akan lebih berat,” ujar Erick.
 
“Oleh sebab itu, butuh dukungan dari semua pihak, terutama para pencinta bola basket Tanah Air untuk ikut mendukung langsung dan mensukseskan FIBA Asia 2022 ini,” tambah Erick yang pernah memimpin PP Perbasi maupun SEABA.
 
Erick lalu mengatakan, Indonesia sempat sukses menyabet emas cabor bola basket putra SEA Games 2021 Vietnam yang menjadi momentum kebangkitan. Atas dasar itu, dia pun berharap prestasi timnas bola basket Indonesia terus meningkat. 
 
“Momentum emas SEA Games merupakan sejarah emas pertama (timnas bola basket) Indonesia. Semoga terus berlanjut dan kita berharap bola basket di Indonesia terus berkembang,” pungkas Erick yang berstatus juga sebagai menteri BUMN.
 
Selanjutnya di laga lanjutan Grup A Piala FIBA Asia, Indonesia bakal melawan Yordania pada 14 Juli dan Australia pada 16 Juli mendatang. Skuad Merah Putih ditargetkan masuk delapan besar demi mendapat tiket ke Piala Dunia FIBA 2023.

 

(KAH)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.