Jakarta: Pertemuan kedua forum G20 Trade, Investment and Industry Working Group (TIIWG) telah menghasikan tiga agenda pembahasan di sektor investasi, industri, serta perdagangan. Selanjutnya pembahasan tersebut akan dikonvergensikan dan didorong semaksimal mungkin hingga September 2022, yakni saat putaran terakhir pertemuan G20 TIIWG.
 
“Tugas selanjutnya adalah bagaimana pembahasan tersebut dikonvergensikan dan didorong semaksimal mungkin hingga pada September 2022, yakni saat putaran terakhir pertemuan TIIWG sekaligus menjadi pertemuan tingkat menteri, dapat meluncurkan satu pernyataan bersama dari para menteri atas pokok-pokok penting dari agenda prioritas yang dibahas,” kata Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Djatmiko Bris Witjaksono dalam Forum G20 TIIWG yang digelar di Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada 5-6 7 Juli 2022 lalu.
 
Tiga agenda yang dituntaskan dalam G20 TIIWG adalah pertama, tentang reformasi World Trade Organization (WTO) di bidang negosiasi, transparansi dan notifikasi, serta penyelesaian sengketa. Kedua, tentang peran perdagangan, investasi, dan industri, dalam merespons kondisi darurat seperti pandemik, sekaligus juga mendukung penguatan upaya arsitektur kesehatan global. Serta ketiga, memacu investasi berkelanjutan untuk pemulihan ekonomi dunia.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertemuan Kedua TIIWG G20 Dorong Realisasi 3 Agenda Utama Perdagangan
 
Forum G20 TIIWG Surakarta adalah rangkaian pertemuan yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal bersama dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian. Pertemuan ini diharapkan dapat memberikan hasil yang konkret, baik di sektor investasi, industri dan perdagangan yang sejalan dengan isu utama Presidensi G20 Indonesia yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi digital, dan transisi energi, khususnya kolaborasi dalam investasi berkelanjutan dan inklusif.
 
Forum G20 TIIWG Surakarta merupakan kelanjutan dari pertemuan pertama Maret lalu dan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia 2022. Puncak acara forum ini membahas perdagangan di WTO.
 
Pertemuan Kedua TIIWG G20 Dorong Realisasi 3 Agenda Utama Perdagangan
 

(ROS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.