Jakarta: Kamu tentu sudah mengetahui bahwa terlalu banyak terkena sinar matahari bisa berbahaya untuk kulit. Namun, jika sebaliknya kekurangan ‘asupan’ sinar matahari juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Terutama di tengah pandemi covid-19 ini. Para ahli menyarankan untuk mendapatkan sinar matahari meskipun kamu harus berada di rumah. 

Berikut ini lima tanda kalau tubuhmu kekurangan sinar matahari, mulai dari:

 

1. Gangguan mood 

Temperatur yang lebih dingin dapat menyebabkan suasana hati menjadi suram. “Pada dasarnya ini karena hormon serotonin di otak. Dengan paparan cahaya terang, seperti sinar matahari, serotonin akan meningkat. Mendapatkan sinar matahari yang cukup dapat membuat mood Anda lebih bahagia, ujar Wesley Delbridge, RN, juru bicara Academy for Nutrition and Dietetics. 
 

2. Mengalami masalah tulang 

Menurut Delbridge, arthritis atau fibromyalgia (nyeri otot kronis dan kelelahan) pada orang dewasa sebenarnya bisa menjadi kekurangan vitamin D karena kurangnya sinar matahari. “Nutrisi seperti kalsium dan kolagen bekerja bersama untuk membangun tulang, tetapi tanpa dosis vitamin D yang tepat, prosesnya terganggu dan tulang Anda sebenarnya bisa terasa sakit dan berdenyut,” kata Delbridge.



(Kekurangan sinar matahari bisa membuatmu selalu merasa, bete, bosan dan gelisah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Kenaikan berat badan 

Selain mendorong kulit menghasilkan vitamin D, sinar matahari juga menghasilkan nutrisi penting nitrat oksida, yang membuat metabolisme tubuhmu berjalan dengan lancar dan mencegah makan berlebihan. Penelitian di Kanada pada tahun 2017 yang diterbitkan jurnal Nature menemukan bahwa kenaikan berat badan pada musim dingin kemungkinan karena kurangnya sinar matahari. 


4. Tidur tidak nyenyak

Menurut National Sleep Foundation, menghabiskan banyak waktu dalam pencahayaan buatan atau menatap layar elektronik menyebabkan masalah tidur yang serius. Kekurangan sinar matahari dapat mengganggu ritme sirkadian (jam internal tubuh Anda), yang bisa berarti kamu tidak cukup tidur dan dapat dengan mudah memicu insomnia.
 

5. Keringat yang berlebih 

Berkeringat berlebihan di dahi, terutama jika kamu tidak berolahraga atau terlalu panas adalah salah satu tanda klasik bahwa kamu tidak mendapatkan cukup vitamin D. Jika dahi berkeringat (bahkan jika suhu tubuh dan tingkat aktivitasmu adalah normal), mungkin sudah saatnya untuk bertanya kepada dokter agar memeriksakan darah karena kekurangan vitamin D.
(yyy)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.