SURYA.CO.ID, LAMONGAN – Dua versi peringatan Idul Adha 1443 Hijriyah di Indonesia, yaitu Sabtu (9/7/2022) dan Minggu (10/7/2022), sebenarnya bisa menjadi momen libur akhir pekan (weekend). Meski begitu, libur dua hari itu ternyata tidak berdampak pada kenaikan jumlah pengunjung di objek Wisata Maharani Zoo dan Goa (MZG) di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

Dua hari libur nasional itu tidak banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berkunjung ke sejumlah lokasi wisata. Selama dua hari terakhir ini MSG tampak tidak terlalu ramai, malah cenderung sepi/

Meski pihak pengelola tetap membuka kunjungan di Hari Raya Idul Adha, pengunjung yang datang pada Sabtu dan Minggu cenderung menurun dibandingkan hari libur umumnya. “Hari Sabtu dan Minggu pada Idul Adha kali ini sepi,” ujar Koordinator Marketing MZG Lamongan, Juli Tri Wahyuningtyas saat dihubungi wartawan, Minggu (10/7/2022).

Juli menambahkan, saat Idul Adha ini pengelola memberlakukan jam buka kunjungan yang berbeda dari sebelumnya. Jika hari biasa jam operasional kunjungan dibuka mulai pukul 08.30 WIB sampai 16.30 WIB. Sedangkan selama dua hari terakhir, jam operasional dibuka mulai pukul 09.30 sampai 16.30 WIB.

Saat momen liburan Idul Adha kali ini, sepinya pengunjung disinyalir karena banyak warga yang memilih untuk berkumpul bersama keluarga untuk melewatkan momen Idul Adha.

“Di sini buka setiap hari, sebenarnya kalau Sabtu dan Minggu ada tambahan hiburan khusus, seperti dance flashmop, kesenian tradisional, badut satwa dan costum cosplay serta lainnya,” ungkapnya.

Menurut Juli, beberapa hiburan tersebut digelar kembali setelah pandemi Covid-19 melandai. Ia juga menyebutkan, para pengunjung tidak perlu khawatir jika datang ke MZG di hari selain Sabtu dan Minggu.

Pasalnya, di MZG juga telah disuguhkan beberapa hiburan menarik lain seperti Birdshow, Elephant Education, Animal Feeding dan lainnya. Dan bagi pengunjung yang datang ke MZG saat liburan dan libur nasional (weekend) yaitu Jumat sampai Minggu, dikenai tiket Rp 45.000 per orang.

Sedangkan selain Senin sampai dengan Kamis (weekday) harga tiketnya Rp 35.000. List harga ini berlaku mulai Senin (11/7/2022) besok. Selain itu, para pengunjung yang datang ke MZG tidak hanya bisa berinteraksi dan memberi makan beragam satwa, namun juga bisa mempelajari berbagai koleksi satwa yang diawetkan dan replika binatang purba dari seluruh dunia. *****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.