Malang: Polsek Ngantang bersama KUD Sumber Makmur melakukan penyemprotan disinfektan di kandang hewan ternak di kawasan Desa Mulyorejo, Sumberagung dan Desa Kaumrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat, 8 Juli 2022. 
 
Penyemprotan disinfektan dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan hewan ternak sapi dari wabah Penyakit Mulut dan Kaku (PMK). Kapolsek Ngantang, AKP Hanis Siswanto, mengatakan penyemprotan disinfektan kepada hewan ternak berkuku belah dilakukan di tiga desa di wilayah Kecamatan Ngantang.
 
“Giat ini dihadiri jajaran anggota Polsek Ngantang, KUD Sumber Makmur Ngantang, Dinas peternakan Kecamatan Ngantang dan anggota PPL Ngantang,” ujar Hanis, Jumat, 8 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanis mengaku tiga hari jelang perayaan Hari Raya Kurban, Polres Batu terus melakukan pemantauan dan pengawalan ketat dalam aktivitas hewan ternak sapi untuk terhindar dari wabah PMK.
 
“Penyemprotan disinfektan dilakukan secara berturut-turut dari kandang ke kandang yang lain yang terakomodir oleh kepengurusan KUD Sumber Makmur Ngantang,” ujar dia.
 
Baca: Mentan: Sudah 32 Tahun Kita Tidak Terkena Wabah PMK
 
Dengan menyiapkan 30 liter air atau 1 tangki elektrik sprayer berisi 15 liter digunakan untuk penyemptotan di Dusun Mlagi, Desa Desa Mulyorejo, dan Dusun Prabon 2 Desa Kaumrejo, serta Dusun Sumbermulyo dan Dusun Sumbergadung, Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.
 
Sementara itu, penyemprotan disinfektan juga dilakukan secara serentak di sejumlah kandang ternak sapi milik warga di wilayah hukum Polres Batu. Hal ini dilakukan untuk mencegah berkembangnya virus dan sumber penyakit lain yang dapat membahayakan ternak. 
 
“Untuk wilayah hukum Polsek Pujon ada sejumlah empat tempat kandang ternak milik warga yang dilakukan penyemprotan disinfektan yakni kandang milik Rumaji Desa Pujon Lor, kandang milik Supriadi Desa Pandesari, kandang milik Supriyono warga Desa Pandesari dan kandang milik Mustakim warga Desa Pujon Lor,” ungkap Sigit.
 
Penyemprotan disinfektan dilakukan menyeluruh ke setiap sudut kandang agar selalu terjaga kebersihan.
 
“Dengan dilakukannya penyemprotan ini, kita berharap wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) menjauhi ternak sapi yang sehat,” ujarnya.
 
 

(NUR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.