Jakarta: Pemerintah terus mendorong akselerasi transformasi digital di Tanah Air. Untuk itu, diperlukan pengembangan ekosistem digital yang melibatkan tiga komponen penting, di antaranya infrastruktur, dukungan regulasi, hingga ketersediaan talenta digital yang mumpuni.
 
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel A. Pangerapan mengatakan, seluruh teknologi digital yang tersedia di sekitar masyarakat sudah mulai banyak diisi oleh para pelaku industri teknologi digital dari dalam negeri.
 

“Kita patut bangga dengan semakin meningkatkan semangat ‘digital entrepreneurship‘ di kalangan anak muda yang ditunjukkan semakin banyak startup digital yang bertumbuh dan juga berkembang,” kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 Juli 2022.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




Salah satu upaya menjaring startup digital di Indonesia adalah melalui program HUB.ID Accelerator 2022 yang memfasilitasi kegiatan business matchmaking bagi startup dengan mitra dari pemerintah, BUMN, swasta, dan investor dalam ekosistem startup digital Indonesia.
 

Program HUB.ID Accelerator 2022 melanjutkan promotional roadshow pada 16 Juni 2022 hingga 6 Juli 2022 di enam kota di Indonesia, yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Makassar. Kegiatan ini sekaligus untuk sosialisasi kepada startup potensial.
 
Direktur Ekonomi Digital I Nyoman Adhiarna menyebut, program HUB.ID Accelerato memiliki fokus untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi, kerja sama bisnis, dan investasi bagi startup digital melalui peningkatan jumlah business matchmaking dengan pemerintah, BUMN, korporasi swasta, dan investor.
 
“Banyak fitur-fitur program yang kita laksanakan di HUB.ID Accelerator dengan mengukur kebutuhan dari dua sisi, yaitu menyelaraskan sinergi kebutuhan startup digital dengan mitra bisnis dan investor,” ujar dia.
 

 
Setelah mendapatkan 25 startup digital pada lima vertikal bisnis dengan kualifikasi yang telah ditetapkan. Para startup ini memiliki fokus bisnis pada sektor Financial Services, B2B & Enterprise Solution, Logistic/Supply Chain, SME Enabler, dan Agri & Aquaculture.
 

Para peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan HUB.ID Accelerator 2022 mulai dari Business Mentoring, Pitch Training, Business Matchmaking, Networking Session, Demo Day, dan Global Immersion bagi lima startup terbaik. Rangkaian kegiatan akan berlangsung hingga Oktober 2022.

 

(HUS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.