Jakarta: Travel blogger Kenny Santana membagikan kiat kepada pelancong pemula saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Menurutnya selama ini, apa yang telah direncanakan terkadang tak sesuai saat sedang melakukan traveling.
 

1. Jangan takut

“Buat traveler baru, yang penting sudah rencanakan budget, sudah research dari jauh-jauh hari, sudah nabung juga. Dan tips yang paling penting sih jangan takut,” kata Kenny saat menghadiri acara Liburan Mudah dan Aman dengan Kartu Debit Global Wallet OCBC NISP.

Bagi kamu yang mungkin masih baru, terkadang takut itu karena emang enggak bisa. Misalkan takut nyasar di negeri orang, atau takut tak bisa bahasa negara lain seperti saat berada di Jepang atau Korea.

“Menurut aku dengan kemudahan sekarang ada aplikasi translate, dan lain-lain. Enggak kayak zaman dulu, harusnya lebih punya keberanian buat jalan itu sih,” sambungnya.

 

2. Over budget

Selain itu, Kenny juga memberikan tips agar para traveler pemula tidak mengeluarkan budget lebih dari yang sudah ditentukan. Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya traveler sudah membeli tiket pesawat maupun tiket wisata secara online.
 

3. Perhatikan kurs uang

Kenny juga mengingatkan agar kamu memeriksa kurs uang di negara tersebut. Hal ini dilakukan agar pada saat traveler sampai di negara tujuan, kamu tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli tiket. Sehingga, biaya yang perlu disiapkan hanya biaya konsumsi sehari-hari saja.
 

4. Susun biaya

“Biar enggak over budget, aku biasanya susun dulu dari sebelum berangkat (biayanya). Mulai dari tiket pesawat, akomodasi, dan aku tahu di negara itu aku mau ke mana saja,” ujar Kenny.

“Jadi aku sudah beli tiketnya. Pas sudah di negara tujuan aku hanya menggunakan budget cuma untuk makan sama ngopi dan lain-lain. Contoh kalau belum pernah ke Singapura mungkin bisa search berapa biaya makan di sana,” imbuhnya.

 

5. Cari tiket promo

Sementara itu, agar bisa mendapatkan tiket pesawat murah, Kenny menyarankan agar para traveler pemula dapat mencari tiket promo di travel fair. Namun, pastikan kamu membeli tiket yang dapat di-refund atau bisa melakukan pergantian hari guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
 

6. Sisihkan 20 persen

Untuk menyiapkan budget sebelum melakukan traveling, Kenny biasanya menyisihkan 20 persen pendapatannya untuk berwisata setelah membayar seluruh kewajiban bulanan.

“Jadi aku juga mau menyenangkan diri sendiri. Jadi kelebihannya aku pakai juga buat jalan-jalan,” tutup Kenny.
(FIR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.