Jakarta: Penampilan penyanyi cilik, Farel Prayoga, menutup gelaran Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di Istana Merdeka, DKI Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022. Bocah asal Banyuwangi, Jawa Timur, ini membawakan lagu milik Denny Caknan berjudul Ojo Dibandingke di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
Farel tampil dengan mengenakan busana adat warna hitam serta udeng khas Banyuwangi berwarna kuning. Suara emasnya menyihir semua tamu undangan dan sejumlah pejabat negara, tak terkecuali Presiden Jokowi beserta sang istri, Iriana Jokowi.
 
Saat menyanyikan lagu Ojo Dibanding-bandingke, Farel sempat mengubah salah satu bagian liriknya dengan nama Pak Jokowi. Sontak, para tamu undangan pun riuh bertepuk tangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ku berharap engkau mengerti, di hati ini hanya ada Pak Jokowi,” ucap Farel saat menyanyikan lagu tersebut.
 

Hiasan kepala yang dikenakannya adalah Udeng khas Banyuwangi. Udeng atau ikat penutup kepala khas Banyuwangi ini memiliki keunikan tersendiri.
 
Ikat udeng Banyuwangi memiliki gunungan yang sejajar antara bagian kiri dan kanan. Tak hanya itu, udeng Banyuwangi juga memiliki motif ciri khas seperti Gajah Oling, Gedhekan, dan Kangkung Setingkes.
 
Udeng ini sendiri sering dikenakan oleh masyarakat saat menghadiri sejumlah acara formal maupun event-event di Banyuwangi. Udeng ini dikenakan oleh berbagai kalangan, mulai dari instansi pemerintahan hingga anak-anak.
 
Nama Farel Prayoga menjadi perbincagan warganet setelah meng-cover lagu Ojo Dibandingke milik Denny Caknan. Suara emas anak berusia 12 tahun pada cover lagu tersebut viral di sejumlah media sosial, salah satunya TikTok.
 
Sebelum viral, anak kelahiran 8 Agustus 2010 diketahui pernah menjadi pengamen jalanan di kawasan Banyuwangi dan sekitarnya. Bakatnya semakin terasah di bawah asuhan Wandra yang merupakan penyanyi dan komposer asal Banyuwangi.
 
Saat ini farel diketahui tinggal di Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, Banyuwangi, Jawa Timur. Ia merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Anak ini pun rajin mengunggah suara emasnya di akun instagram pribadinya @farel.prayoga.official dan kanal youtube Farel Prayoga Official.
 

(WHS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.