Jakarta: Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di IPB University diikuti pimpinan organ baik Majelis Wali Amanat (MWA), Dewan Guru Besar (DGB), Senat Akademik (SA), jajaran pimpinan mulai Rektor, Wakil Rektor, Sekretaris Institut dan Dekan, hingga dosen, tenaga  kependidikan, dan mahasiswa. Hadir pula ratusan peserta program mahasiswa Merdeka Belajar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
 
Tampak pimpinan mengenakan pakaian adat nusantara. Rangkaian upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih. Selanjutnya mengheningkan cipta, pembacaan naskah Pancasila oleh Rektor IPB University, pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara 1945 oleh Dekan Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Berry Yuliandi, pembacaan teks proklamasi oleh Ketua Senat Akademik,
Yonny Koesmaryono.
 
Rektor IPB Arif Satria mengajak semua warga IPB tidak berhenti bergerak dan melangkah. Terlebih tema HUT ke-77 RI “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut semangat tersebut sedang dibuktikan bersama melalui Presidensi G20 tahun 2022. Yakni dengan peran besar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.
 
“Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar,” ujar Arif dalam pidatonya dikutip dari keterangan tertulis, Rabu, 17 Agustus 2022.
 
Dia menyebut semua telah meyakinkan dunia generasi muda Indonesia sudah terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka.
 
“Mari kita syukuri Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 dengan revolusi mindset. Kita perlu mindset baru yang membawa pada optimisme, agar bangsa Indonesia menjadi bangsa besar, menjadi bangsa yang akan menjadi trendsetter perubahan dunia, Merdeka!” pekik Arif.
 
Di sela upacara, IPB menyerahkan penghargaan mahasiswa berprestasi. Mereka yang diganjar penghargaan, ialah Mahasiswa Berprestasi Utama Program Sarjana diberikan kepada Rio Kevin Marcello Alwi, penghargaan Mahasiswa Berprestasi Utama Program Vokasi diberikan kepada Ivan Taufiq Nugraha, penghargaan atas raihan Gold Medal untuk Kategori Mixed Choir Championship di Kompetisi The 11th Bali International Choir Festival diberikan kepada Paduan Suara Mahasiswa (PSM) yang diwakili sang ketua,  Chrisan Imanuella Larasati.
 
Upacara makin meriah dengan dendang merdu, syahdu nan membangkitkan semangat oleh Paduan Suara IPB University. Mereka menyanyikan Semangat Mojopahit Sriwijaya dan Hari Merdeka.
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.