SURYA.CO.ID, JEMBER – Kabupaten Jember termasuk dalam 10 besar peraih medali terbanyak di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022 yang resmi ditutup, Minggu (3/7/2022) malam. Di klasemen akhir, Jember berada di peringkat 9.

Peringkat 9 itu tetap menjadi sebuah lompatan yang tinggi dibandingkan perolehan medali di ajang Porprov VI Jatim 2019 lalu. Pada 2019, Jember berada di rangking 24, dengan hanya mendapatkan tujuh medali emas.

Di Porprov 2022 ini, Jember meraih 82 medali. Rinciannya 20 medali emas, 17 medali perak serta 45 medali perunggu, dengan total poin 159.

Dari deretan medali emas yang diraih, ada satu medali emas yang diraih dari cabang olahraga prestisius yakni sepakbola. Jember meraih medali emas untuk sepakbola setelah mengalahkan Kabupaten Pasuruan di babak final.

“Meski tidak menjadi juara umum, tetapi Jember menjadi juara untuk sepakbola. Itu sama dengan juara. Itu pesan sponsor dari Pak Bupati Jember,” kata Ketua KONI Jatim, M Nabil menirukan pernyataan Bupati Jember, Hendy Siswanto saat berpidato di acara penutupan Porprov VII di Stadion Semeru Lumajang, Minggu (3/7/2022) malam.

Yah, Jember meraih medali emas prestisius itu setelah sepakbola Jember tidak pernah menang di ajang Porprov. Bahkan saat di Porprov VI, tim Jember harus tersingkir sebelum babak penyisihan.

Alhasil, emas dari sepakbola tersebut seakan menghapus lara pecinta sepakbola, dan olahraga Jember atas kekalahan dramatis kala itu.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengapresiasi perjuangan atlet kontingen Kabupaten Jember yang berlaga di Porprov VII Jatim 2022. Menurutnya, dengan kondisi sebelumnya dilanda pandemi Covid-19, atlet Jember bisa bertanding secara maksimal.

“Bahkan mampu menaikkan peringkat Kabupaten Jember di level Provinsi adalah prestasi yang membanggakan. Atlet-atlet Jember luar biasa keren semua, pada 2019 peringkat 24, tahun 2022 naik peringkat 9,” ungkapnya.

Sebelum Porprov dimulai, Bupati Hendy memang menargetkan Jember yang menjadi salah satu tuan rumah Porprov VII menjadi juara umum. “Soal target, cita-cita itu harus setinggi mungkin. Tidak mungkin setinggi rak baju dalam lemari. Kalau hanya segitu ya main saja di dalam lemari,” tuturnya.

Dalam perbincangan dengan SURYA, Bupati Hendy merevisi target juara Jember itu. Dia berharap masih bisa bertengger di lima besar peraih medali terbanyak, dan menjadi sang juara untuk cabor sepakbola.

Namun target itu hanya terpenuhi di cabor sepakbola, yakni meraih medali emas dan menjadi juara. Sedangkan dari perolehan medali, Jember hanya masuk di 10 besar. *****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.