?Budapest: KBRI Budapest kembali didaulat menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Day di Budapest, Hongaria pada Rabu, 10 Agustus lalu. Perayaan ASEAN Day ke-55 ini dimulai dengan upacara bendera, kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dengan mengundang sekitar 90 tamu yang merupakan perwakilan negara ASEAN di Hongaria, yaitu Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam, perwakilan sektor pemerintah dan swasta Hongaria, dan kalangan dunia usaha serta media.
 
Perayaan kali ini dirasa istimewa setelah selama dua tahun terakhir tidak dapat terselenggara karena pandemi Covid-19.
 
Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Senin, 15 Agustus 2022, perayaan yang mengambil tema “Stronger Together” ini juga patut diapresiasi karena dipersiapkan secara gotong royong oleh lima perwakilan negara ASEAN di Hongaria. Hal ini menjadi cerminan eratnya kekeluargaan dan kerja sama negara-negara ASEAN di Hongaria.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dubes Indonesia untuk Hongaria, Y.M. A.H. Dimas Wahab, menyampaikan sambutan yang dilanjutkan pidato dari Dubes Filipina, Y.M. Frank R. Cimafranca mewakili Ketua ASEAN. Hadir sebagai tamu kehormatan Y.M. Ádám Stifter, Deputi Pertumbuhan Hubungan Timur Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria.
 
Dalam sambutannya, Adam Stifter menggarisbawahi pencapaian ASEAN dalam menjaga perdamaian dan stabilitas serta percepatan pertumbuhan ekonomi di kawasan. Ia juga meyakini pentingnya kerja sama multilateral dan regional yang telah berlangsung lama dengan organisasi regional seperti ASEAN dalam kebijakan luar negeri Hongaria.
 
Ia juga mencatat bahwa Hongaria ???mendukung prinsip sentralitas ASEAN dan perannya dalam arsitektur regional. Adam Stifter berharap dapat membangun kemitraan yang bermanfaat dengan negara-negara yang memiliki nilai sama, dan lebih memperluas kerja sama dengan ASEAN di berbagai bidang seperti perdagangan, pendidikan, dan pasokan air.
 
ASEAN Day ke-55 ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah. Para undangan dimanjakan sajian kuliner negara-negara ASEAN yang ada di Hongaria.
 
Indonesia secara khusus menyiapkan sate, lontong dan berbagai penganan seperti risoles, dadar gulung dan kue sus. Tidak ketinggalan, kopi khas Indonesia disajikan pula oleh Indonesian Trade Promotion Center Budapest.
 
Baca:  Peringatan 55 Tahun ASEAN Digelar di Gedung Kemenlu Peru
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.