SURYA.co.id | | JEMBER – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menutup 24 titik pintu perlintasan sebidang di wilayah kerjanya mulai Bangil Pasuruan hingga Ketapang Banyuwangi selama Tahun 2022. Penutupan dilakukan mulai Januari hingga 13 Agustus 2022.

Penutupan terbaru dilakukan Sabtu (13/8/2022) di perlintasan sebidang Jl Mangga Kecamatan Patrang, Jember.

Penutupan dilakukan oleh petugas KAI Daop 9 Jember dengan disaksikan pihak Dinas Perhubungan Jember, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kelurahan Patrang, juga RW lingkungan setempat.

Penutupan dilakukan secara permanen, sampai ada jaminan keselamatan di perlintasan tersebut. Penutupan ini menyusul kecelakaan antara KA Pandanwangi dan pengendara sepeda motor, Kamis (11/8/2022). Kecelakaan itu menewaskan ibu dan anak, Entin Suhartini dan Saidah.

Dari pantauan Surya, petugas KAI memasang patok besi baja di kedua sisi perlintasan Jl Mangga. Palang pintu yang sudah ada di perlintasan itu, dikaitkan dengan besi baja yang dipasang berdiri di atas aspal.

Walhasil, semua kendaraan tidak akan bisa melintasi jalan tersebut. Meski begitu, warga tetap bisa mengakses Jalan Mangga, karena masih ada sejumlah ruas jalan yang tersambung dengan jalan tersebut.

Vice President (VP) Daop 9 Jember Broer Rizal mengatakan, setelah peristiwa kecelakaan, pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah pihak di Kantor Kelurahan Patrang. “Hasilnya, hari ini pintu perlintasan ini kami tutup,” ujar Broer.

Broer mengakui, sebenarnya pintu perlintasan sebidang Jl Mangga itu sudah terjaga, dan dilengkapi palang pintu.

“Namun terjaga secara tidak maksimal. Dan terkait bisa dibuka kembali itu menunggu adanya pemenuhan jaminan keselamatan perlintasan, yang ini akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan Jember,” ujar Broer.

Jaminan peningkatan keselamatan pintu perlintasan itu antara lain, tersedianya penjaga pintu perlintasan yang kompeten dibuktikan dengan sertifikasi yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang menurut peraturan yang berlaku.

Penjaga pintu perlintasan yang kompeten dan bersertifikasi itu disediakan oleh Dinas Perhubungan setempat.

Sementara itu, berdasarkan data dari PT KAI Daop 9 Jember, mulai Januari hingga 13 Agustus 2022 sudah ada penutupan perlintasan sebanyak 24 titik. Jumlah ini melampaui yang sudah diprogramkan di Tahun 2022 yaitu 14 titik.

Sehingga sampai dengan Agustus ini masih ada 322 titik perlintasan sebidang yang berada di wilayah Daop 9 Jember. Rinciannya 93 titik dijaga, dan 229 titik tidak dijaga. Mereka tersebar di beberapa wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Pasuruan 51 titik, Kabupaten Probolinggo 63 titik, Kabupaten Lumajang 35 titik, Kabupaten Jember 103 titik dan Kabupaten Banyuwangi 70 titik.

Dan baru saja selesai penutupan pintu perlintasan di Jl Mangga, kecelakaan antara kereta api dan sepeda motor kembali terjadi. Kali ini terjadi di pintu perlintasan tidak terjaga dan tanpa palang pintu di Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo, Jember, Sabtu (13/8/2022) siang. KA Pandanwangi menemper sepeda motor.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.