Jakarta: Kuliah di luar negeri membutuhkan biaya tak sedikit. Meski telah mendapat beasiswa, seringkali ada kebutuhan yang tidak sepenuhnya dapat terpenuhi.
 
Kerja paruh waktu atau part time menjadi pilihan banyak mahasiswa untuk menambah uang demi kehidupan sehari-sehari. Ada sejumlah kerja part time yang disukai orang Indonesia saat kuliah di luar negeri.
 
Berikut kerja part time favorit orang Indonesia saat kuliah di luar negeri dikutip dari Instagram @kobieducation:

1. Tukang paket

Mahasiswa yang bisa menyetir mobil dan SIM internasional kerap memilih menjadi tukang paket. Pekerjaannya mengantar paket.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di London, pekerjaan tukang paket dibayar Rp170-270 ribu per jam. Apabila bekerja 6 jam maka bisa mendapat sekitar Rp1 juta.

2. Tukang bersih-bersih

Pekerjaan di bagian bersih-bersih tersedia banyak. Apalagi, tidak diperlukan skill khusus. Sehingga banyak yang melamar menjadi tukang bersih-bersih.
 
Di London, menjadi tukang bersih-bersih dibayar Rp208.000 per jam. Apabila bekerja selama 5 jam maka bisa mendapat Rp1 juta.

3. Menjaga anak

Baby sitting atau istiahnya nanny juga kerap menjadi salah satu pilihan mahasiswa Indonesia kerja part time. Kebutuhannya tentu menyesuaikan permintaan dari klien.
 
Di Australia pekerjaan menjaga anak mencapai Rp200.000 per jam.

4. Pegawai restoran

Pekerjaan yang juga favorit untuk part time ialah pegawai restoran. Di sini mahasiswa bisa menjadi pelayan, tukang masak, hingga petugas bersih-bersih.
 
Mahasiswa yang bekerja di restoran di Jepang misalnya, digaji Rp111-135 ribu per jam. Selama seminggu bekerja atau 20 jam bisa mendapat lebih dari Rp2 juta.

5. Asisten dosen/koreksi ujian/tutor

Pekerjaan lainnya yang juga favorit ialah menjadi asdos atau membantu mengoreksi ujian. Di London, pekerjaan ini dibayar Rp180-270 ribu per jam. Apabila bekerja 10 jam sudah mendapat Rp2 juta.
 
Itulah kerja part time favorit orang Indonesia saat kuliah di luar negeri. Kerja-kerja tadi bisa menjadi referensi bagi Sobat Medcom yang sedang kuliah di luar negeri atau akan kuliah di luar negeri dan ingin mendapat tambahan uang.
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.