SURYA.CO.ID, KOTA KEDIRI – Menampilkan foto produk saat berjualan secara online menjadi salah satu cara meningkatkan daya tarik produk UMKM. Karena itu sebanyak 40 pelaku UMKM mendapatkan pelatihan fotografi yang digelar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri bekerjasama Disperindag Provinsi Jawa Timur, Kamis (11/8/2022).

Kegiatan pelatihan fotografi itu digelar dengan tujuan membekali para pelaku UMKM dalam pemasaran produk melalui teknik pengambilan gambar yang baik agar menghasilkan nilai plus.

Peserta diberikan materi dasar-dasar fotografi oleh fotografer profesional selaku narasumber, yakni Malindra Octavianto dan Gregorius Aditya.

Agus Budi Prasetyo, Kasi Desain Produk Industri dan Teknologi Kreatif Disperindag Provinsi Jawa Timur menjelaskan, fotografi khusus untuk produk diharapkan berdampak pada pelaku usaha sektor kecil dan menengah.

“Selain itu akan memberikan pertumbuhan yang cukup signifikan terhadap perkembangan produk yang dibuatnya,” kata Agus.

Selain di Kota Kediri, pelatihan serupa juga digelar di Kabupaten Kediri, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Kota Sidoarjo, Kota Probolinggo dan kabupaten Probolinggo.

Diungkapkan, Kota Kediri memiliki segudang potensi yang menunjang perniagaan. Apalagi kemunculan wirausaha baru di Kota Kediri sangat signifikan dan turut penyumbang pertumbuhan ekonomi cukup tinggi.

Setelah mendapatkan pelatihan, peserta akan diamati serta dinilai oleh Disperdagin Kota Kediri. Evaluasi dilakukan mengukur kesuksesan beberapa indikator yang ditetapkan selama program pelatihan berlangsung.

Sementara Tanto Wijohari, Kepala Disperdagin Kota Kediri menyampaikan selama ini menemukan beberapa kendala dalam pemasaran produk.

“Berjualan tidak hanya melalui lapak-lapak ataupun toko modern, tetapi juga harus bisa menembus marketplace. Masih ada beberapa pelaku usaha yang perlu edukasi tentang IT, karena itu kita adakan pelatihan ini,” terangnya.

Disperdagin Kota Kediri terus berupaya melakukan pendampingan secara berkelanjutan kepada pelaku UMKM agar produk yang dihasilkan menjangkau konsumen lebih luas, salah satunya melalui marketplace.

Salah satu peserta pelatihan, Ika Sugiarti, pelaku UMKM Aghni Craft menyampaikan, pelatihan fotografi merupakan kesempatan berharga yang telah dinantikan. “Pelatihan foto produk ini penting sekali bagi saya, karena kalau kita menguasai teknik foto bisa menghasilkan tampilan yang menarik konsumen,” ungkapnya. *****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.