Heslinki: Real Madrid membuktikan sebagai klub terbaik di Eropa usai menjuarai UEFA Super Cup 2022 atau Piala Super Eropa dengan mangalahkan wakil Jerman Eintrach Frankfurt dengan skor meyakinkan 2-0 di Stadion Helsingin Olympiastadion, Helsinki, Finlandia, Kamis 11 Agustus 2022 dini hari WIB.
 
Dua gol kemenangan Real Madrid dicetak David Alaba pada menit 37 dan Karim Benzema pada menit 65.
 
Kedua tim bertemu di final Piala Super Eropa karena Real Madrid adalah kampiun Liga Liga Champions musim 2021/2022. Sedangkan Frankfurt adalah pemenang Liga Europa musim lalu.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi kedua tim, ini merupakan pertemuan kedua mereka dalam sepanjang sejarah sepak bola. Pertama kali, Madrid dan Frankfurt berjumpa pada 63 tahun lalu.
 
Kedua tim pernah berjumpa di babak final Liga Champions edisi 1959/1960. Madrid tampil sebagai pemenang pada laga ini. Los Blancos tanpa ampun menghantam Frankfurt dengan skor 7-3.
 
Real Madrid yang keluar sebagai juara Super Eropa tahun 2022 sukses di bawah kepelatihan Carlo Ancelotti. Pelatih berpaspor Italia tersebut juga membawa Real Madrid meraih treble winner musim 2021–2022 lalu, yakni juara La Liga, Liga Champions dan Piala Super Spanyol.
 
Juara Piala Super Eropa, Real Madrid mengulangi pencapaian mereka pada tahun 2002, 2014, 2016 dan 2017. Juara untuk kelima kali sekaligus menyamai catatan Barcelona dan AC Milan, terbanyak dibanding klub lain di Eropa. Di Eropa Madrid pengoleksi 21 gelar dengan rincian 14 juara Liga Champions, 2 kali UEFA, 5 juara Piala Super Eropa.
 
Taambahan gelar sekaligus menobatkan Don Carlo, julukkan Carlo Ancelotti adalah pelatih bertangan dingin. Selama menukangi Madrid, Don Carlo meraih delapan gelar juara, yakni 1 kali juara La Liga, 2 kali juara Liga Champions, 1 kali juara Super Spanyol, 1 kali juara Piala Raja, 1 kali juara Piala UEFA, 1 kali juara Piala Super Eropa dan 1 kali juara Piala Dunia Antarklub.
 
Selama berkarir di Eropa Ancelotti juga pernah mengoleksi gelar juara di berbagai ajang saat menukangi Juventus (1 kali), AC Milan (8 kali) Chelsea (3 kali), PSG (1 kali), Bayern Muenchen (3 kali). Hebatnya, Don Carlo adalah pelatih dengan raihan Liga Champions terbanyak, yakni 4 kali, masing-masing 2 kali di AC Milan dan Real Madrid. Total Don Carlo sudah meraih 23 gelar di berbagai ajang di sejumlah klub Eropa.
 

(RIZ)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.