Jakarta: Posisi rumah tusuk sate banyak dihindari karena dianggap membawa pengaruh buruk bagi penghuni rumah. Menurut ilmu feng shui, rumah yang memiliki posisi tusuk sate memiliki aliran chi yang sangat kuat, saking kuatnya justru akan merusak. 
 
Banyak efek buruk yang akan dialami oleh penghuni rumah, mulai dari kesehatan menurun, keuangan yang semakin menipis, bahkan sampai rusaknya keharmonisan dalam keluarga. Hal ini menjadi alasan lahan perumahan atau properti di lokasi tusuk sate sepi peminat.
 

Walaupun demikian, feng shui rumah tusuk sate yang buruk bukan berarti tidak bisa diatasi.
Ada beberapa cara agar kondisi tersebut tidak akan memberikan nasib sial bagi penghuninya. Berikut ini tips mengatasi feng shui untuk rumah tusuk sate.

1. Melihat kua sang penghuni

Menurut pakar feng shui Mauro Rahardjo, ada tiga macam kua, yaitu kua lemah, sedang, dan juga kuat. Kua lemah yaitu 1, 6, dan 8. 
 
Kua sedang 3, 4, dan 7, dan kua kuat adalah 2, 5, 9. Untuk menghitung kua, bagi laki-laki, hitung jumlah angka seratus dikurang dua angka terakhir tahun kelahiran.
 
Kemudian jumlah tersebut dibagi dengan angka 9. Sisa dari hasilnya adalah angka kua. Untuk wanita, dua angka terakhir tahun kelahiran dikurang empat, kemudian dibagi 9. Sisanya adalah angka kua Anda.
 
Menurutnya, penghuni dengan angka kua yang masuk ke dalam kategori kuat, malah cocok untuk tinggal di feng shui rumah tusuk sate. Begitu pula dengan sebaliknya, mereka yang dengan angka kua rendah tidak diharapkan untuk menempatinya.

2. Miliki halaman luas

5 Cara Hilangkan Efek Rumah Tusuk Sate
Tips mengurangi efek negatif rumah tusuk sate. Ilustrasi: Shutterstock






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada metode lain untuk mengatasi nasib buruk tersebut, yaitu dengan memperlambat aliran chi. Namun metode ini hanya bisa dilakukan apabila rumah tersebut memiliki halaman yang luas.
 
Caranya adalah dengan menutupi akses masuk hunian dengan berbagai pepohonan yang rindang dan rimbun. Meninggikan tanah sebelum mendirikan rumah juga sangat diperlukan.
 
Dengan meninggikan tanah kurang lebih dengan tinggi 1,5 meter, maka aliran chi akan menabrak tanah yang ditinggikan, sehingga tidak akan merusak chi di dalam rumah.

3. Pintu serong

Cara yang lain adalah dengan membuat pintu serong. Dengan cara-cara tersebut, nasib sial yang disajikan rumah tusuk sate bisa dihindari.

4. Gantung lonceng angin

5 Cara Hilangkan Efek Rumah Tusuk Sate
Tips mengurangi efek negatif rumah tusuk sate. Ilustrasi: Shutterstock
 
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menguragi efek dari rumah tusuk sate adalah dengan menggantungkan lonceng angin yang memiliki enam batang logam di pintu depan rumah. 

5. Cermin Ba Gua

Selain itu, Anda bisa memasang cermin Ba Gua di luar rumah untuk memantulkan dan meminimalkan efek energi yang memancar.
 

(KIE)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.