SURYA.CO.ID, KEDIRI – Jajanan yang biasa ditemui di pinggir jalan, kini berjajar rapi di halaman Kediri Town Square dalam gelaran Explorasa Street Food Festival 2022 dalam rangka Hari Jadi Kota Kediri ke-1143, Sabtu (30/7/2022).

Sebanyak 26 pedagang kaki lima (PKL) yang mengikuti kegiatan ini, menyajikan jajanan street food. Mulai dari cemilan, minuman hingga makanan berat. Harga jualnya juga terjangkau dan tetap mengedepankan kualitas dan kebersihannya.

Explorasa Street Food Festival 2022 dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kediri, Ferry Silviana Abu Bakar sekaligus menjadi juri dari Lomba Kreasi Street Food.

Menurut Ferry Silviana Abu Bakar, Explorasa merupakan bentuk dukungan Pemkot Kediri terhadap para PKL.

Selain itu ada edukasi tentang banyak hal. Karena jajanan nanti juga dilombakan tentang higienitas, kreativitas, kualitas rasa dan kemasan.

Kegiatan juga didukung oleh platform digital seperti Grab, sehingga PKL bisa mengenal platform digital.

Mau tidak mau saat ini harus pakai platform digital untuk meningkatkan omsetnya. Itu beberapa hal yang menjadi tujuan Pemkot Kediri,” ujarnya.

Disampaikan kepada para pedagang dalam pemilihan kemasan perlu diperhatikan dan memikirkan efek samping penggunaan kemasan bagi lingkungan.

Masih banyak pedagang menggunakan kemasan sterofoam, padahal bagi keamanan lingkungan itu sudah dilarang. Karena sterofoam tidak dapat terurai sampai kapan pun.

Kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri diminta agar para PKL diberikan edukasi dalam pemilihan kemasan. Selain itu juga diberikan pemahaman dari sisi kebersihan produknya hingga keamanan pangannya.

Ada tiga juri yang menilai lomba Kreasi Street Food dalam Festival Explorasa 2022, yaitu Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, Chef Agus Syafrudin dan Agung Kartiko dari Hotel Insumo Palace.

Ada 5 street food yang berhasil meraih juara. Di antaranya, Juara 1 Rujak Pak OK, juara 2 Pondok Sagu, juara 3 Galei Njajan. Untuk juara Harapan 1 Ngejamu Ang dan juara Harapan 2 Ayam Bakar Sitinggil.

Rujak Pak OK patut mendapatkan juara 1, karena adanya kreasi dan inovasi dalam menu produk rujaknya. Biasanya rujak manis hanya dengan isian pada umumnya saja.
Di Rujak Pak OK ini durian menjadi salah satu isian rujak, hal itu unik dan tidak banyak ditemukan pada penjual rujak manis pada umumnya.

Selain itu, bumbu gula merah rujaknya sangat enak dan juga menyuguhkan bumbu kacang. Sehingga pembeli bisa memilih bumbu.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.