Malang: Melalui ajang MGN Stage pada awal pekan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengumumkan industri digital saat ini menjadi salah satu sektor utama dan andalan sebagai penyumbang perekonomian daerah.
 
Kota Malang saat ini banyak dihuni para pengembang gim, animasi, aplikasi online hingga mereka yang mempunyai kewirausahaan barang dan jasa dengan memanfaatkan media digital sebagai sarana terhubung dengan konsumen.
 
“Penduduk Kota Malang dilihat dari demografis 70 persen adalah usia produktif di mana 33 persen dominan pada usia muda. Pemkot Malang siap untuk terus mewadahi kreasi kreatif anak-anak muda. Jadi jangan kita hanya sensasi tapi kita juga harus punya prestasi,” ujar Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat menjadi pembicara dalam MGN Stage Malang yang mengangkat tema ‘Mengejar Prestasi Gak Cuma Sensasi’ di Hotel Harris, Senin, 26 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Demi memperlancar pengembangan industri digital tersebut, Pemkot Malang menyediakan ratusan spot internet gratis di masing-masing permukiman warga serta kawasan strategis tempat berkumpulnya generasi muda pelaku usaha. 
 
Pemkot Malang juga telah menyelesaikan pembangunan Malang Creative Center (MCC) di kawasan bisnis Blimbing. Venue ini nantinya bakal menjadi pusat pengembangan UMKM industri kreatif digital mulai dari produksi hingga pemasaran. 
 
Dukungan penuh Pemkot Malang ini diharapkan dapat menjadi pendorong percepatan pertumbuhan industri kreatif digital yang menjadi sektor andalan dan favorit generasi muda Indonesia. 
 
CEO Media Group Network Mohammad Mirdal Akib yang juga menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut menyampaikan, Kota Malang menjadi titik kebangkitan epicentrum kebangkitan nasional yang kedua.
 
“Karena generasi muda, mahasiswa dari seluruh Indonesia berkumpul di Malang untuk menimba ilmu. 20 tahun dari sekarang pemuda-pemuda yang lahir dan sekolah di sini akan menjadi pemimpin di 100 tahun Indonesia merdeka, harus dipersiapkan betul,” kata Mirdal.
 
Mirdal meyakini kelak Indonesia akan memiliki generasi muda berkualitas dengan mental pemimpin.
 
“Jadi kejar betul cita-citanya, jangan takut dengan kegagalan. Jadi manusia pembelajar dan akhirnya insyaAllah 100 tahun Indonesia merdeka nanti pemimpin-pemimpin baru itu lebih berwarna dan banyak yang berasal dari Kota Malang,” tutur Mirdal.
 
MGN Stage merupakan sebuah panggung off-air exclusive yang dipersembahkan oleh Media Group Network (MGN), sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan karakter dan kualitas sumber daya manusia Indonesia. MGN Stage menghadirkan figur-figur ternama mulai pegiat media massa, jurnalis televisi/cetak/online, hingga top level management, untuk berbagi pemikiran maupun pengalaman yang menginspirasi.
 
MGN Stage Malang turut disponsori oleh Le Minerale. Tak hanya sebagai produsen air minum dalam kemasan, Le Minerale juga menaruh kepedulian terhadap isu lingkungan hidup, yaitu dengan menginisiasi Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Le Minerale yang diluncurkan pada Februari 2021.
 

Pemkot Malang Dorong Kreativitas Anak Muda di Industri Digital

 
 

(ROS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.