Cibinong: RANS Nusantara FC gagal meraih kemenangan perdana di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Tanah Air usai ditahan imbang PSS Sleman dengan skor 3-3. Sempat unggul tiga kali, RANS gagal mempertahankan keunggulannya pada pekan ke 2 Liga 1 2022–2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat 29 Juli 2022 malam.
 
Tiga gol RANS Nusantara dicetak Septian Bagaskara menit 38 dan (45’+2′) serta David Laly (49′). Sementara tiga gol PSS dicetak Tallysson (45′), Rizki Dwi (65′) dan D Mustaine (78′).
 
RANS asuhan coach Rahmad Darmawan dan PSS asuhan Seto Nurdiyantoro mengincar kemenangan pertama di kompetisi Liga 1 musim ini. Di pekan pertama, baik RANS dan PSS sama-sama belum meraih kemenangan. RANS ditahan imbang PSIS, sementara PSS kalah dari PSM di kandangnya.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pressing ketat pemain PSS Sleman hingga laga setengah jam, sejauh ini cukup efektif menyulitkan aliran bola RANS duet Makan Konate-Marouka.
 
Kebuntuan akhirnya terpecahkan di laga itu. Umpan silang Adi Setiawan dari sisi kiri pertahanan PSS sukses dimanfaatkan stiker belia Septian Bagaskara pada menit 38. Skor 1-0 untuk keunggulan The Phoenix, julukkan RANS Nusantara.
 
Menit 42, Rifky mengancam gawang RANS. Kali ini lewat sundulan kepala terukur. Hilman Syah dengan refleknya bisa menghalau bola.
 
Gol penyama kedudukan terjadi di pengujung laga. Berawal dari freekick, Tallysson yang maju ke depan sukses menyundul bola yang sempat mengenai badan OK John. Skor berubah menjadi 1-1.
 
Respon cepat ditunjukkan RANS. Di masa injury time, Septian Bagaskara kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kali. Berawal dari kemelut, bola menuju Septian yang tak terkawal. Skor 2-1 untuk RANS bertahan hingga turun minum.
 
Babak kedua, PSS memulai laga lebih agresif. Peluang pertama justru didapat Ihsan Nul pada menit 49. Tendangan keras kaki kirinya membuat M Ridwan jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.
 
RANS membuktikan bukan tim hiburan di Liga 1. Pada menit ke 51, pergerakan cepat Edo di sisi kanan pertahanan Super Elang Jawa, julukkan PSS, sukses dikonversi menjadi gol ketiga RANS. Skor berubah menjadi 3-1 untuk RANS.
 
Respon cepat ditunjukkan PSS. Pada menit 54 umpan matang Valente disundul Rifky Suryawan, namun masih melenceng. Giliran Valente nyaris memperkecil kedudukan pada menit 58. Tendangan keras kaki kirinya masih mengenai mistar gawang RANS.
 
Septian nyaris saja mencetak hattrick di laga tersebut pada menit 61. Umpan Konate dilanjutkan tendangan efek Septian dari jarak dekat. Bola hanya tipis di sebelah tiang gawang M Ridwan.
 
PSS mencetak gol keduanya di laga tersebut pada menit 65. Rizki Dwi yang baru masuk babak kedua sukses membelokkan bola tendangan Valente dengan kepalanya. Hilman Syah terkecoh. Skor menjadi 3-2. Tempo permainan meningkat.  
 
Gol penyama kedudukan PSS tercipta pada menit 78. Sepakan keras D Mustaine, hasil kerja sama dengan Boaz Solossa dan Valente, sukses dikonversi dengan tendangan roket ke pojok kanan gawang Hilman Syah. Skor 3-3 disambut gemuruh Slemania yang terlihat kompak dan lebih banyak hadir di Stadion Pakansari.
 
Hingga wasit Iwan Sukoco meniup peluit akhir, skor 3-3 tidak berubah untuk kedua tim. Laga seru dan menarik diperagakan kedua tim pada pekan ke-2 Liga 1 musim 2022–2023. Sejauh ini, dua laga awal RANS berakhir imbang. Sementara PSS raih poin pertama di Liga 1 2022–2023,
 
Susunan pemain kedua kesebelasan:

RANS Nusantara (4-2-1-3):
97-H. Syah, 4-O. John, 14-Victor Sallinas, 3-E. Febriansah, 73-D. Laly, 6-M. Konate, 66-    M. Maruoka, 23-A. Setiawan, 15-F. Akbar, 8-I. Nul Zikrak, 99-S. Bagaskara. Pelatih: R. Darmawan.
 
PSS Sleman (4-1-2-3): 12-M. Ridwan, 16-P. Pratomo, 22-M. Merauje, 33-Tallysson, 44-N. Diansyah, 26-R. Suryawan, 10-Ze Valente, 29-M. Cingi, 6-Jehad Ayoub, 11-Mychell Chagas, 27-I. Mila. Pelatih: S. Nurdiantoro
 

(RIZ)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.