redaksiharian.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampak kaget mendengar pertanyaan seorang ibu yang menyinggung kemungkinan dirinya maju sebagai calon presiden (capres) 2024 dan terpilih.

Ibu tersebut diketahui bernama Mala dan berasal dari Jakarta.

Raut wajah Ganjar sebelum ibu tersebut melontarkan pertanyaan, awalnya sumringah. Tetapi, berubah menjadi serius setelah ibu tersebut menyampaikan pertanyaannya.

Awalnya, Mala diberikan kesempatan bertanya kepada Ganjar di sebuah acara yang digelar suatu pihak bank.

Mala kemudian melemparkan pertanyaan. Pertanyaan pertamanya langsung bertanya soal capres.

“Bila bapak terpilih jadi presiden Republik Indonesia pada tahun 2024, saya idola sekali loh dengan Bapak Ganjar. Dan juga teman-teman saya, ibu-ibu banyak sekali,” kata Mala di hadapan Ganjar, dalam sebuah acara yang digelar di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Setelah Mala melontarkan pertanyaan itu, seisi ruangan acara tampak meriah dan banyak yang mengatakan hal serupa.

Pertanyaan Mala itu rupanya belum selesai. Ia melanjutkan dengan bertanya, seperti apa sikap Ganjar jika kelak benar-benar menjadi presiden.

“Bila bapak terpilih sebagai presiden 2024 nanti, Indonesia akan bapak bawa ke mana? Pertama, melanjutkan legacy dari Presiden Jokowi atau bapak mempunyai konsep yang lain?” tanya ibu tersebut.

Kemudian, sampailah kepada pertanyaan kedua. Kali ini, pertanyaannya seputar sinyal Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pemimpin rakyat adalah yang memiliki kerutan dan rambut berwarna putih.

Sebab, menurutnya, pernyataan yang disampaikan Jokowi adalah untuk Ganjar.

“Pada tanggal 26 November yang lalu Bapak Presiden Jokowi menyampaikan secara spesifik ciri-ciri kriteria pemimpin masa depan. Yaitu, pak, yang banyak kerut di keningnya kemudian yang putih semua di rambutnya,” katanya.

“Nah, menurut kami, setuju ya teman-teman bahwa itu ditunjukan ke Pak Ganjar. Tetapi, menurut pertanyaan saya, apakah bapak sependapat dengan kami?” ujar Mala.

Ganjar tidak langsung menjawab pertanyaan ibu tersebut. Tetapi, raut muka Ganjar masih terkejut mendengar pertanyaan ibu itu.

Bahkan, Gubernur Jawa Tengah itu beberapa kali terlihat menggelengkan kepala ke kiri dan kanan usai mendengar pertanyaan tersebut.

Diketahui, Presiden Jokowi menyinggung soal ciri-ciri pemimpin yang benar-benar memikirkan masyarakat.

Menurut Jokowi, pemimpin yang benar-benar memikirkan rakyat dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya.

“Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan. Dari penampilannya itu kelihatan, banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (26/11/2022).