redaksiharian.comJakarta, CNBC Indonesia– Es kopi susu kekinian menjadi minuman yang banyak digandrungi masyarakat, terutama kalangan anak muda. Enggak heran jika banyak orang yang melihat peluang bisnis dari minuman ini.

Nah, jika kamu tertarik untuk ikut memulai bisnis yang sama, ada baiknya memperhatikan beberapa kiat bisnis kopi susu kekinian.

Merangkum berbagai sumber, berikut tips membangun bisnis kopi kekinian untuk milenial.

1. Belajar Racikan Kopi Sederhana

Langkah utama jika ingin membuka bisnis kopi susu, tentu harus belajar membuat racikan kopi sederhana terlebih dahulu. Pastikan kopi susunya memiliki rasa yang enak dan berkualitas.

Selain espresso, untuk membuat es kopi susu kekinian bisa juga diganti menggunakan kopi cold brew.

2. Cari Tahu Takaran yang Pas

Kunci kenikmatan es kopi susu ada pada rasio antara kopi dan air yang digunakan untuk menyeduh. Idealnya, kamu bisa menggunakan resep 1 banding 6, atau 100 gram kopi diseduh dengan 600 gram air.

Di samping itu, penting juga memperhatikan penggunaan susu dan gula aren untuk menyeimbangkan rasa dari kopi susu. Untuk susu, kamu dapat menggunakan whole milk maupun susu UHT.

3. Siapkan Modal

Apabila ingin memulai sebuah bisnis, tentu harus menyiapkan modal awal. Khusus untuk bisnis es kopi kekinian sebetulnya tidak membutuhkan modal yang terlalu mahal.

Rincian modal bisnis ini bergantung pada harga biji kopi yang digunakan. Mengingat harga jual biji kopi arabika dan robusta tidak sama, biasanya biji kopi robusta memiliki harga yang lebih ekonomis.

Jika modal yang dimiliki minim, disarankan untuk menggunakan kopi cold brew yang sudah jadi untuk membuat kopi susu. Namun apabila memiliki budget modal yang lebih tinggi, bisa menggunakan mesin espresso dengan kisaran harga dimulai dari Rp 2 juta ke atas.

4. Ciptakan Unique Selling Point

Saat ini kedai kopi sangat menjamur di Indonesia. Kamu bisa dengan mudah menemukan coffee shop, terutama di kota-kota besar.

Karena itu, poin ‘unique selling’ perlu dimiliki agar bisnis bisa bersaing. Dengan kata lain, kamu harus memiliki kopi susu yang berbeda dari yang sudah ada untuk menciptakan keunikan produk. Agar semakin menarik, ciptakan beberapa variasi es kopi yang beragam untuk dipilih oleh konsumen.

Selain ditambah gula aren, kamu juga bisa lho menggunakan sirup dengan aneka rasa untuk menambah cita rasa kopi. Adapun salah satu rekomendasi merek sirup yang bisa dipilih yaitu Gourmet Syrup dari ABC.

Dengan kualitas premium, Gourmet Syrup dari ABC ini hadir dalam 3 varian rasa lezat, yakni Rich Hazelnut, Silky Caramel, dan Velvety Vanilla.

Ketiganya tidak memiliki pewarna dan pemanis buatan yang dapat mengganggu cita rasa minumanmu. Pilihan ABC Gourmet Syrup memiliki tekstur yang kental, aroma yang manis, dan rasa yang kaya.