Siapa disini yang tidak tahu game Valorant? Game yang memiliki genre tembak-tembakan ini menjadi game paling populer sejak tahun 2020 silam.

Valorant merupakan salah satu game seru yang bisa sangat menghibur dan membuat diri kita benar-benar bersemangat. Game yang dikembangkan oleh Riot Games, game Valorant merupakan game taktis berbasis tim yang menjadikan pemain sebagai orang pertama.

Salah satu keseruan dalam bermain game ini adalah penggunaan berbagai senjata Valorant yang bisa dipakai oleh pemain yang memerankan agent di dalam permainan.

Pemain akan menjadi bagian dari sebuah tim agent yang berasal dari berbagai latar belakang budaya dan negara asal. Pemain di game Valorant memiliki pilihan 17 karakter agent yang dapat kamu gunakan.

Terdapat 4 peran utama agent yang memiliki keterampilan yang berbeda-beda, seperti Controller, Initiator, Duelist, dan Sentinel.

Sebuah permainan di dalam game Valorant terbagi dalam beberapa ronde atau putaran, tetapi tergantung kita memainkan mode permainan apa.


Mengenal ragam senjata-senjata di Valorant

Bagian terpenting di dalam game Valorant selain kita bisa memilih karakter atau agent, yaitu adalah pemilihan senjata yang kita pakai. Terdapat beberapa jenis senjata api yang bisa dipilih pemain berdasarkan kebutuhan kita dan keahlian kita dalam menggunakan senjata tersebut.

Ada tiga jenis senjata di dalam game Valorant yang bisa kita pakai, yaitu berupa Melee, Primary, dan Sidearms.

 

Primary

Primary merupakan senjata utama yang dipakai oleh setiap playernya dan dibagi lagi ke dalam beberapa kategori berupa, Machine Gun, Sniper Rifle, Shotgun dan SMG.

 

Melee

Melee sendiri merupakan sebutan untuk senjata cadangan atau jarak dekat, yaitu senjata yang dipakai dengan cara digenggam dan digunakan saat kita melakukan pertempuran jarak dekat yang membutuhkan jangkauan fisik langsung.

 

Sidearms

Sidearms merupakan senjata jarak dekat yang melekat pada tubuh yang menggunakannya dengan tujuan untuk mempermudah akses ketika harus dipakai sewaktu-waktu kita butuhkan.

 

Pembagian tingkatan senjata di Game Valorant

Senjata-senjata yang terdapat di dalam game Valorant memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Biasanya senjata yang berada di Tier S atau Tier tertinggi sudah pasti memiliki damage atau kerusakan yang sangat tinggi.

Pembagian atau tier daftar senjata Valorant ini dilakukan berdasarkan rating yang juga didasarkan pada fleksibilitas senjata dan efisiennya ketika dipakai oleh setiap agent atau pemain yang pandai menggunakannya.

 

  • Tier S

Senjata Tier S merupakan senjata yang masuk dalam peringkat tertinggi. Senjata-senjata ini umumnya senjata yang menjadi favorit bagi setiap agent atau playernya.

Dan senjata di Tier S ini memiliki keunggulannya seperti memiliki fleksibilitas yang tinggi dan sesuai dengan strategi pertempuran yang dilakukan.

Setidaknya ada tiga senjata yang masuk kedalam Tier S di game Valorant ini, yakni Operator, Vandal, dan Phantom.

 

  1. Operator

Operator merupakan salah satu senjata yang paling mematikan di dalam game Valorant ini. Dengan memiliki damage yang besar, Operator mampu menaklukan musuh dengan sekali tembakan jika kalian mengarahkannya dengan baik ke kepala maupun badan meski musuh kalian memakai body armor.

 

  1. Vandal

Vandal merupakan senjata yang sangat mematikan baik dalam pertempuran jarak dekat maupun jarak jauh. Tak heran jika senjata ini memiliki kapasitas 25 magasin dan menjadi salah satu senjata serba guna di dalam game ini.

 

  1. Phantom

Phantom memang tidak memberikan damage sebesar Vandal, tetapi akurasi keseluruhan dan fire rate yang tinggi dapat menghabisi musuh yang tangguh. Dilengkapi dengan peredam suara dan magazin 30 peluru. Phantom adalah senjata mutlak dalam baku tembak jarak pendek hingga menengah.

 

  • Tier A

Tier senjata Valorant berikutnya adalah Tier A, senjata di dalam kategori ini sangat kuat tetapi sedikit lebih situasional daripada Tier-S.

Tier ini biasanya memiliki rasio efektivitas yang sedikit lebih rendah dan mungkin tidak bekerja dengan baik pada serangan atau pertahanan pada peta tertentu.

 

  1. Sheriff

Buat kalian para player yang memiliki akurasi yang lumayan bagus, Sheriff merupakan jenis pistol yang memiliki kapasitas 6 magasin ini bisa jadi salah satu andalan kalian.

Bahkan kalian bisa menjatuhkan musuh dengan sekali tembakan headshot meski hanya dalam jarak 30 meter jauhnya.

Sementara itu kalian perlu melancarkan beberapa tembakan jika musuh berada diluar radius 30 meter.

 

  1. Spectre

Specter bisa dibilang menjadi salah satu senjata terbaik di kelas SMG dan menjadi salah satu senjata serbaguna di Valorant. 

Jika kalian belum memiliki Vandal atau Phantom, Spectre bisa menjadi pilihan untuk kalian.

Agar kalian bisa mendapatkan damage yang maksimal dari menggunakan senjata berjenis SMG ini. Kalian harus mencoba berada di belakang musuh, selain itu senjata ini bisa dengan mudah membunuh musuh jika kalian mengenai headshot 3 kali jika mereka berada diluar radius 20 meter.

 

  1. Ghost

Ghost menawarkan opsi senjata yang lebih tersembunyi bagi kalian yang ingin mengalahkan musuh secara diam-diam. Pistol ini memberikan akurasi yang tinggi dan damage yang sakit selama early game.

Dengan memiliki damage dan fire rate yang tinggi, musuh dapat tumbang dalam 1 hingga 2 tembakan headshot dengan jarak jauh.

Meski begitu akurasi dari senjata bisa akan semakin berkurang seiring dengan penggunaan yang tak henti.

 

  • Tier B

Tier B merupakan sekelompok senjata kelas menengah yang memiliki rating sedang. Tier B adalah senjata yang kuat dalam situasi tertentu tetapi juga cenderung memiliki kelemahan terhadap banyak situasi.

 

  1. Guardian

Guardian yang merupakan senapan semi otomatis terbaik dikelasnya. Senapan berkapasitas 12 magazin ini mempunyai damage yang cukup besar, namun butuh akurasi yang tepat untuk menggunakannya.

 

  1. Marshall

Marshall merupakan senjata bertipe Sniper yang paling gesit dengan dibekali scope 3,5x dan magazin 5 putaran. Selain itu Sniper ini memiliki damage yang besar dengan sekali tembak di kepala dan tubuh jika musuh tidak memiliki body armor.

 

  1. Judge

Judge merupakan senjata bertipe shotgun yang cocok digunakan untuk pertempuran jarak dekat. Tak jarang pemain bisa meratakan jumlah musuh sekaligus menggunakan shotgun ini karena memiliki fire rate yang lumayan tinggi.

 

  1. Frenzy

Senjata ini sangat cocok digunakan untuk pertempuran jarak dekat dengan memiliki kapasitas magasin sebanyak 13 peluru.

Dengan fire rate 10 putaran per detik, kalian dapat menaklukan musuh secara eksplosif sebelum mereka bereaksi.

Meski begitu, kalian harus tetap mengawasi manajemen amunisi kalian dengan hanya 13 putaran dalam satu klip.

 

  • Tier C

Senjata yang berada di Tier C ini merupakan senjata yang situasional dan tak banyak pemain yang menggunakan senjata di tier ini di pertempuran.

  1. Ares

Ares merupakan senjata yang dapat digunakan pada saat rondeh ekonomi rendah dan cocok untuk kalian gunakan untuk melakukan pengintaian musuh.

Ares mempunyai kapasitas 50 peluru dengan damage yang lumayan besar.

 

  1. Bulldog

Bulldog merupakan senjata dengan damage yang paling rendah dikelas senapan, senjata ini memiliki kapasitas peluru sebanyak 24 butir.

Namun, Burst-fire dan Spray dari Bulldog sulit untuk dikontrol dan recoil-nya juga cukup tinggi ketika di atas 10 peluru.

 

  1. Classic

Classic merupakan senjata gratis yang bisa kalian dapatkan dengan memiliki 12 kapasitas peluru.

Senjata ini bisa begitu mematikan jika kalian tepat menggunakannya, terutama dengan mengklik kanannya. Damage dari Classic ini juga cukup besar apalagi ketika mengenai kepala atau headshot.

Nah itu lah daftar dan ulasan mengenai tier dan senjata tersakit di game Valorant bagi kalian yang belum tahu dan disetiap tier senjata memiliki kelebihan dan kekurangannya dari masing-masing.