redaksiharian.com – Innova Zenix menjadi produk anyar yang diluncurkan Toyota jelang akhir 2022.

Salah satu hal yang patut menjadi sorotan dari Innova generasi terbaru ini adalah penggunaan mesin hybridnya.

Toyota menggunakan mesin terbaru dengan kode M20A-FXS yang versi konvensionalnya digunakan pada Toyota Voxy. Kemudian, mesin sebesar 2.000 CC ini ditambahkan lagi dengan motor listrik yang membuatnya memiliki berbagai keuntungan.

Salah satu keuntungan terbesar dari penggunaan mesin hybrid pada Toyota Innova Zenix Hybrid ini adalah efisiensi BBM-nya yang terhitung sangat irit.

Saking iritnya, angka konsumsi bensin dari Toyota Innova Zenix Hybrid ini tak kalah dengan motor. Penasaran?

Pikiran-Rakyat.com berkesempatan untuk menjajal mobil ini dalam acara bertajuk Journalist Test Drive (JTD) Toyota Innova Zenix dengan rute Jakarta- Semarang -Yogyakarta pada 19-20 Desember 2022.

Menjajal Toyota Innova Zenix tipe tertinggi yakni Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista, tim menempuh rute sepanjang 108 kilometer dimulai dari Semarang , menuju Yogyakarta.

Tim memulai perjalanan dari Semarang menuju Rest Area Jegur dengan jarak 66 kilometer.

Perjalanan menuju Rest Area Jegur di daerah Magelang, Jawa Tengah, melintasi trek yang didominasi oleh jalan tol. Kemudian, setelah keluar di Salatiga, tim ditunggu oleh lintasan naik turun dan berkelak-kelok khas daerah Bawen, Jawa Tengah.

Seluruh tampilan dari informasi mobil mengenai kecepatan, sistem hybrid bekerja, indikator Toyota Safety Sense (TSS), hingga angka konsumsi bensin Toyota Innova Zenix Hybrid ditampilkan melalui speedometer.

Ketika sampai di Rest Area Jegur dengan kondisi trek naik turun tadi, Innova Zenix Hybrid ini bisa mendapatkan angka konsumsi 16 kilometer/liter.

Beristirahat selama 30 menit di Rest Area Jegur, Tim melanjutkan perjalanan ke kafe Tip Tap Toe yang berada di daerah Palagan, Yogyakarta.

Berbeda dengan sebelumnya, dominasi trek kali ini adalah jalanan menurun yang kemudian masuk ke daerah perkotaan dengan karakter stop and go.

Hasilnya, cukup mengejutkan. Angka konsumsi bensin dari Toyota Innova Zenix Hybrid ini sempat menembus angka 34 km/liter.

Sayangnya, mendekati restoran Tip Tap Toe, tim banyak mengalami berhenti karena tersendat oleh lampu merah. Hal tersebut membuat konsumsi bensin dari Innova Zenix Hybrid sedikit berkurang.

Tapi pada akhirnya tim berhasil mendapatkan angka konsumsi bensin 27,0 kilometer/liter.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bandung yang Murah Meriah, Cocok untuk Liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Lebih Irit daripada Toyota Innova Diesel

Angka konsumsi dari Toyota Innova Zenix Hybrid ini cukup mengejutkan. Karena dibandingkan dengan mobil, konsumsi bensin Innova Zenix Hybrid ini malah lebih mirip dengan motor.

Kawasaki Ninja FI 250 misalnya, motor sport 250 CC 2 silinder ini memiliki angka konsumsi bensin rata-rata 20-30 km/liter.

Tak hanya nyaris seirit motor saja, torehan konsumsi bensin ini juga bahkan mengalahkan Toyota Innova Diesel.

Director Corporate and External Affairs Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam pernah menyatakan agar konsumen jangan mencari lagi Toyota Innova Diesel.

Karena angka konsumsi Toyota Innova Diesel yang hanya 1:15 hingga 1:17 sudah dikalahkan oleh Toyota Innova Zenix Hybrid .

“Padahal regulasinya SEV kan di bawah 150 udah dapat insentif, tinggal beda 8. dan fuel efisiensinya sudah seperti diesel, 1:15,” ujarnya.

“Jadi ga usah cari-cari diesel lagi,” ucapnya menegaskan.***