redaksiharian.com – bersama sejumlah media asal Indonesia berkesempatan mengelilingi kantor Google Asia Pasifik yang terletak di Singapura pada Selasa (13/12/2022).

Kunjungan ini dilakukan di sela-sela kegiatan Indie Game Accelarator yang diselenggarakan Google.

Kantor Google Asia Pasifik ini terletak di kawasan Maple Business City, lokasinya sekitar 15 menit berkendara menggunakan mobil dari Pulau Sentosa, salah satu kawasan wisata terpopuler di Singapura.

Dari luar, kantor Google memang tak jauh berbeda dengan kantor-kantor pada umumnya, tetapi pemandangan di dalamnya bukanlah hal yang terbayang ketika kita berpikir tentang sebuah kantor.

Salah satu daya tarik utama kantor Google Asia Pasifik adalah kafetaria tempat para pegawai Google mengisi perut yang terletak di lantai 7 dan lantai 8.

Kafetaria ini sangatlah luas hingga dapat menampung ratusan pegawai Google dalam waktu bersamaan saat jam makan siang tiba.

Makanan yang disajikan pun beragam dan terdiri dari sejumlah bagian, yakni bagian makanan India, makanan Asia, makanan barat, salad, serta buah dan pencuci mulut.

Kafetaria itu mengusung konsep all you can eat dan self-service, sehingga, para pegawai bebas mengambil makanan sesuka hati, tetapi harus mengembalikan piring dan alat makan mereka sendiri-sendiri.

Para pegawai Google agaknya tidak perlu khawatir kelaparan. Sebab, selain kafetaria, kantor Google juga memiliki micro kitchen yang terletak di setiap lantai.

Di micro kitchen, pegawai bisa melepas dahaga dengan beragam jenis minuman dingin yang disediakan cuma-cuma. Mereka juga bisa mengisi perut dengan menikmati makanan ringan serta buah yang disajikan.

Tak hanya dipuaskan oleh makanan yang berlimpah, pegawai Google juga dimanjakan oleh beragam fasilitas untuk melepas penat, misalnya meja pingpong, meja billiard, permainan papan seperti monopoli, bahkan arena panjat dinding di dalam ruangan.

Kantor ini juga dihiasi oleh berbagai identitas khas Google, seperti kombinasi cat warna biru, merah, hijau, dan kuning yang ada di beberapa sudut ruangan.

Logo Google juga terlihat di beberapa area. Uniknya, logo tersebut bukan sekadar dicat, melainkan disusun menggunakan lego maupun batu.

Selain soal fasilitas, pantauan Kompas.com, para pegawai Google juga tampak santai dalam bekerja. Banyak di antara mereka yang hanya mengenakan kaus bahkan sambil membawa anak untuk bekerja.

Beragam fasilitas ditambah suasana kerja yang menyenangkan tentu jadi impian banyak orang. Jadi, tertarik kerja di Google?

Simak video di bawah ini untuk mengikuti perjalanan Kompas.com berkeliling kantor Google Asia Pasifik di Singapura:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.