redaksiharian.com – Sebanyak 6 dari 10 miliarder terkaya di dunia datang dari industri teknologi. Mereka adalah Elon Musk, Jeff Bezos, Bill Gates, Larry Ellison, Carlos Slim Helu & family, dan Steve Ballmer.

Daftar ini berdasarkan data real time kekayaan miliarder dunia yang dirilis Forbes. Berikut selengkapnya miliarder dari industri teknologi yang ada di top 10 daftar orang terkaya di dunia.

1. Elon Musk

Elon Musk berada di nomor kedua, posisinya sebagai orang terkaya dunia oleh Bernard Arnauld. Perubahan posisi ini terjadi setelah merosotnya harga saham Tesla pada penutupan perdagangan saham Senin (12/12/2022).

Harga saham Tesla terpengaruh oleh ambisi Elon Musk di Twitter. Musk mengakuisisi Twitter, di antaranya, dengan menjaminkan saham Teslanya untuk menggalang dana US$44 juta yang dibutuhkan untuk membeli seluruh saham perusahaan media sosial tersebut.

Kini harta kekayaan Musk mencapai US$ 181.3 miliar atau sekitar Rp 2.839 triliun.

2. Jeff Bezos

Pendiri Amazon ini berada di posisi ke 4 sebagai orang kaya dunia. Total kekayaan Bezos sebesar US$ 113.8 miliar atau sekitar Rp 1.782 triliun.

Jeff Bezos mendirikan raksasa e-commerce Amazon pada tahun 1994 dari garasinya di Seattle. Dia mengundurkan diri sebagai CEO untuk menjadi ketua eksekutif pada Juli 2021.

Bezos juga memiliki The Washington Post dan Blue Origin, sebuah perusahaan kedirgantaraan yang mengembangkan roket.

3. Bill Gates

Kekayaan Gates mencapai US$106.4 miliar atau sekitar Rp 1.666 triliun. Gates menempati posisi keenam sebagai orang terkaya di dunia.

Bill Gates mengubah kekayaannya dari perusahaan perangkat lunak Microsoft menjadi kepemilikan yang terdiversifikasi termasuk investasi dalam energi nol karbon.

Pada Maret 2020, ketika Gates mengundurkan diri dari dewan Microsoft, dia memiliki sekitar 1,3% saham perusahaan perangkat lunak dan komputer tersebut.

4. Larry Ellison

Tepat di bawah Gates, Ellison berada di peringkat ketujuh orang kaya di dunia. Ia merupakan Founder dan CTO Oracle. Dia melepaskan peran CEO perusahaan software itu pada tahun 2014 setelah 37 tahun memimpin.

Oracle telah tumbuh sebagian melalui akuisisi perusahaan perangkat lunak yang stabil, yang terbesar adalah US$28,3 miliar untuk perusahaan catatan kesehatan elektronik Cerner pada tahun 2021.

Total kekayaan Ellison sebanyak US$103.9 miliar.

5. Carlos Slim Helu & family

Orang terkaya Meksiko, Carlos Slim Helu dan keluarga mengendalikan América Móvil, perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Amerika Latin.

Dengan mitra telekomunikasi asing, Slim membeli saham Telmex, satu-satunya perusahaan telepon di Meksiko, pada tahun 1990. Telmex sekarang menjadi bagian dari América Móvil.

Total kekayaan mereka mencapai US$81.8 miliar dan berada di posisi 9 orang kaya di dunia.

6. Steve Ballmer

Di posisi 10 ada Steve Ballmer, mantan CEO Microsoft yang memimpin perusahaan dari tahun 2000 hingga 2014. Ballmer memiliki kekayaan US$81.7 miliar.

Dia bergabung dengan Microsoft pada tahun 1980 sebagai karyawan nomor 30 setelah keluar dari program MBA Stanford.

Ballmer mengawasi Microsoft setelah kehancuran dot-com pertama dan melalui upaya untuk mengejar Google dalam kemampuan pencarian dan Apple di bisnis ponsel.