redaksiharian.comJakarta, CNBC Indonesia – Elon Musk tergeser dari posisinya sebagai orang terkaya dunia oleh Bernard Arnauld. Perubahan posisi ini terjadi setelah merosotnya harga saham Tesla pada penutupan perdagangan saham Senin (12/12/2022).

Forbes, menurut CNBC International, merombak daftar orang terkaya dunia setelah harga saham Tesla merosot 6,3%. Penurunan pada Senin membuat harga saham Tesla merosot hingga 50% sepanjang tahun.

Harga saham Tesla terpengaruh oleh ambisi Elon Musk di Twitter. Musk mengakuisisi Twitter, di antaranya, dengan menjaminkan saham Teslanya untuk menggalang dana US$44 juta yang dibutuhkan untuk membeli seluruh saham perusahaan media sosial tersebut.

Mayoritas harta Musk adalah dalam bentuk saham Tesla. Harga saham Tesla yang melesat 1.000% dalam 2 tahun terakhir membawa nama Musk meroket melewati miliarder lain di daftar orang terkaya.

Arnault mengendalikan sekitar 60% dari saham pengendali LVMH lewat perusahaan induk milik keluarga. Arnault saat ini, menurut Forbes, memiliki harta US$186,2 miliar.

Sementara itu, Musk kini memiliki 14,11% dari saham yang diterbitkan Tesla yang kini memiliki kapitalisasi pasar US$530 miliar. Selain itu, Musk memegang 40% saham SpaceX yang masih merupakan perusahaan privat dengan valuasi US$125 miliar.

Berbeda dengan Tesla, sepanjang tahun ini LVMH – pemilik merek mewah seperti Louis Vuitton, Dior, hingga Tiffany & Co – hanya turun 1,5% sepanjang tahun saat pasar finansial global tertekan.