redaksiharian.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) melaporkan kinerja penjualan mobil mereka sepanjang tahun 2022 .

Hingga bulan November, Toyota berhasil menjual 303 ribu kendaraan secara wholesales, meningkat sekitar 15,2 persen dari tahun sebelumnya dan membuat market share Toyota di tahun ini menjadi 32,2 persen.

Dengan torehan penjualan ini, Toyota optimistis dengan kondisi industri otomotif Indonesia akan mulai pulih setelah dihantam pandemi Covid-19.

Hal tersebut juga dibuktikan oleh iklim perekonomian Indonesia yang terus membaik setiap tahunnya.

“Iklim perekonomian nasional yang menunjang serta antusias pelanggan yang tinggi, memberi dorongan yang kuat bagi Toyota untuk meningkatkan kinerja pelayanan dalam membantu mobilitas masyarakat. Kami bersyukur ini juga mendapat respon positif dari pelanggan yang terlihat dari pertumbuhan penjualan di atas 15,2% sehingga market share kami kini di posisi 32,2%,” kata Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menjelaskan.

“Kami mengapresiasi upaya pemerintah membangun iklim ekonomi yang positif dan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang tetap mempercayai Toyota sebagai pilihan utama dalam pemenuhan mobilitas,” ujarnya lagi dalam keterangan resmi ke Pikiran-Rakyat.com pada Minggu, 11 Desember 2022 .

Untuk total penjualannya, Toyota Avanza kembali beri kontribusi penjualan terbanyak Toyota sepanjang tahun ini.

Toyota Avanza berhasil membukukan penjualan sebanyak 55.576 unit kendaraan secara wholesales dan menjadi yang paling laris.

Kemudian, torehan tersebut diikuti oleh low SUV Toyota yakni Toyota Rush yang berhasil torehkan angka penjualan sebanyak 41.470 unit.

Terakhir kontribusi terbanyak dari penjualan Toyota berikutnya dihasilkan oleh Kijang Innova yang berhasil mendapatkan angka penjualan sebanyak 40.926 unit.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menambahkan sepanjang 2022 Toyota telah menghadirkan 15 model baru, baik itu model konvensional, GAZOO Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi.

Khusus elektrifikasi, pada November lalu TAM meluncurkan secara resmi ke pasar 2 (dua) model kendaraan elektrifikasi, yaitu All New Toyota bZ4X yang merupakan Battery EV Toyota pertama dan All New Toyota Kijang Innova Zenix yang merupakan mobil Hybrid EV Toyota pertama yang diproduksi secara lokal.

“Penerimaan masyarakat sangat antusias dan mengembirakan. Bahkan total pesanan atau SPK untuk mobil Hybrid terbaru Toyota yaitu Kijang Innova Zenix sudah mencapai hampir 4.000 unit meski belum sebulan diluncurkan,” tutur Anton Jimmi Suwandy.

“Dengan 82% dari komposisinya adalah Innova Zenix Hybrid dan tipe Q Hybrid TSS yang paling banyak diminati dengan SPK mencapai 1.578 unit,” tuturnya lagi.***