redaksiharian.com – Wali Kota Tarakan Khairul mengajak jajarannya dari berbagai unsur untuk mengenakan batik Tarakan dalam setiap kegiatan di instansinyaguna melestarikan wastradaerah itu.

“Mari bersama kita majukan sektor UMKM agar perekonomian Tarakan semakin baik lagi dan batik Tarakan semakin dikenal luas,” kata Khairul saat membuka secara langsung kegiatan Fashion Show Batik Tarakan, Sabtu.

Fashion Show Batik Tarakan digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tarakan. Pemerintah Kota Tarakan mengapresiasi upaya Dekranasda Kota Tarakan dalam mengembangkan dan mempromosikan batik Tarakan .

“Dalam upaya mengembangkan batik Tarakan pun telah dilakukan Pemerintah Kota dimulai dari kerja sama dengan desainer nasional hingga menjadikan sebagai seragam ASN Kota,” kata Khairul.

FashionShowBatik Tarakan kali ini secara khusus diikuti oleh pemimpin perangkat daerah dan DPRD Kota Tarakan, termasuk wali kota Tarakan beserta istrinya, Rujiah.

Kegiatan ini diselenggarakan sekaligus dalam rangka menyambut HUT Kota Tarakan yang ke 25 pada 15 Desember 2022.

DekranasdaKota Tarakan juga bekerjasama dengan Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Utara bekerjasama Dekranasda Kota Tarakan dalam pengembangan industri batik sekaligus mendukung gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia”.

Kegiatan ini juga merupakan wujud komitmen BI dalam mengembangkan UMKM. Pengembangan UMKM juga dilakukan BI melaluipelatihan perajin batik di Tarakan dengan tema “Perajin Hebat, UMKM Batik Semakin Kuat” yang berlangsung selama delapan hari dari 19 – 26 September 2022.